2 Tekes Gresik Nominator Tenaga Kesehatan Teladan Jatim

Kabar Gresik_ Sebanyak 2 orang tenaga kesehatan Gresik masuk nominasi sebagai teladan dari Jawa Timur. Mereka adalah dr. Dian Eka dari Puskesmas Sukomulyo dan Eny Ruslikawati bidan Ponkesdes Suci, Keduanya dari Kecamatan Manyar. Keteladanan keduanya tersebut, pada hari ini, Senin (13/5) masih diuji kembali oleh tim penilai dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur yang diketuai oleh dr. Herlin Verliana.
Menurut Herlin saat memaparkan tentang tenaga kesehatan teladan tersebut, katanya “Di 38 Kabupaten Kota se Jawa Timur ada 5 terbaik yang akan dipilih diantaranya 2 orang dari Gresik. Berdasarkan penilaian dari tim yang telah memilih mereka yaitu, tahap awal dinilai dari karya tulis, sukses story, kemampuan dan Phsychologi”katanya didepan Bupati Gresik serta beberapa undangan yang ikut dalam menyambut tim penilai di ruang Puteri Cempo Kantor Bupati Gresik.
Dalam pemilihan teladan ini, pihak panitia tak hanya menilai dokter Puskesmas dan bidan desa. “Kami juga menilai Tenaga Gizi Teladan dan Tenaga Kesehatan Masyarakat teladan. Kebetulan yang dari Gresik ini adalah dokter Puskesmas dan bidan desa”paparnya. Dari hasil pemilihan Teladan ini nanti, mereka akan berhak menjadi duta Kesehatan teladan dari Jawa Timur dan duduk berdampingan dengan teladan dari seluruh Indonesia pada saat Upacara HUT Kemerdekaan RI di Jakarta nanti.
Sebagai ketua tim Penilai, dr. Herlin Herliana yang juga warga Gresik ini menuturkan. Rombongan tim penilai ini akan berbagi tugas. Mereka akan menilai langsung kepada peserta langsung dan lingkungannya. Yang dinilai yaitu tentang kepada yang bersangkutan yaitu wawasan kesehatan, koordinasi terhadap lingkungan dan masyarakatnya. Keberadaan Puskesmas tempat dia bekerja sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan, keteladanan yang bersangkutan di masyarakat, profesionalisme juga loyalitas sebagai Pegawai.
Karena waktu penilaiannya yang singkat, Herlin selaku ketua rombongan mengaku sudah melaksanakan beberapa penilaian. “Kebetulan saya sebagai warga Gresik. Jadi sejak kemarin saya yang menginap di rumah ‘Gajah Mungkur’ sambil lalu telah melakukan penilaian kebeberapa tempat sesuai criteria. Saat ini hanya melengkapi saja sambil menilai pemaparan yang disampaikan calon teladan yaitu dr. Dian Eka”, tambah Herlin.
Sementara Bupati Gresik, Dr. Sambari Halim Radianto menyatakan dukungannya terhadap Pemilihan tenaga Kesehatan teladan, terutama atas terpilihnya 2 tenaga Kesehatan Teladan dari Gresik. “Kami menginginkan yang terbaik. Dengan terpilihnya para teladan dari Gresik ini semoga bisa memberikan semangat pada kami untuk lebih giat bekerja terutama kepada tenaga kesehatan yang lain” ujar Bupati. Editor: Sutikhon