banner 728x90

20 Group Qosidah Ikuti Lomba

Kabargresik_ Demi melestarikan seni musik religi, Induk Komunitas Seni Qosidah Tradisional Alwahidah Gresik menggelar Festival Qosidah di Gedung GNI Gresik Jl. Pahlawan Gresik.

Dalam kegiatan yang digelar selama dua hari itu (14-15/3/2014), Wakil Bupati Gresik Moch. Qosim berkesempatan membuka acara dengan mendendangkan lagu “Padang Bulan” yang dipopulerkan oleh Habib Syekh.

Bahkan sebagai wujud apresiasi terhadap perkembangan Qosidah, Moch. Qosim mengeluarkan kocek sebesar 4 juta rupiah sebagai tambahan hadiah uang pembinaan bagi Juara 1, 2 dan 3.

Sementara itu menurut Sutrisno selaku Penanggungjawab kegiatan mengatakan bahwa pada Festival Qosidah ke-6 kalinya ini, pihaknya berharap kualitas Seni Qosidah di Kabupaten Gresik dapat berkembang, “Selain sebagai ajang bersilaturrahim bagi grup-grup Qosidah yang tersebar di Gresik, dari acara ini kami harapkan dapat meningkatkan semangan dan bakat.” Kata Sutrsino.

Sutrisno juga menambahkan bahwa dengan menggelar Festival Qosidah maka Qosidah di Gresik bisa lebih semarak, “Dengan menjaga melindungi kesenian semacam ini, agar tidak menghilang sekaligus agar kesenian betul-betul menjadi kesejahteraan lahir dan batin” pungkasnya.

Pada hari pertama digelar (14/3), terdapat 8 Grup dari total 20 Grup yang rencananya bakal tampil memperebutkan Uang Pembinaan dari Wabup Gresik dan Tropi yang disediakan pihak  Alwahidah.

8 Grup Qosidah yang tampil lebih awal antara lain yakni 1). Qosidah PIPSG, 2). Alhikmah, 3). Puspanada, 4). Alwaqidah, 5). PIKPG Petro, 6). Al-WARDA, 7). EALIYAH NADA, 8). ALWILDAN.

Sementara itu terdapat pula bintang tamu yang juga menyemarakkan kegiatan ini yakni dari Grup Qosidah Modern Nafisah Nada, yang pernah meraih Juara 1 Tingkat Kabupaten Gresik. Sedangkan, Alwahidah sendiri pernah menjadi Juara 1 Tingkat Jawa Timur tahun 2005.

Dalam Festival Qosidah tersebut bertindak sebagai Juri antara lain : Hj. Nur Faizah, Nizar(Dewan Kesenian Surabaya), dan Waston (Sidoarjo).(Chidir).

Editor: sutikhon

Rate this article!
Tags: