200 Sapi Ikuti Kontes Ternak Gresik

image

Kabargresik_ Kontes Hewan Ternak Sapi dan Kambing digelar hari ini sampai besok (9-10/10/2013) oleh Badan Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (BP4K) Pemerintah kabupaten Gresik.

Pada Kontes Ternak yang pertamakalinya ini, nampak para peternak sejak pukul 09.00 sudah hilir mudik membawa masing-masing ternaknya ke Alon-alon Sidayu Gresik.

Dalam kontes ini, sebanyak 200 ekor sapi dan 200 ekor kambing. Sementara itu jenis Sapi yang berada distan yang disiapkan terdapat antara lain jenis Sapi Brahma, Limosin, Simental, Brangus dan PO. Sedangkan untuk kambing nampak jenis peranakan Etawa, Kambing Jawa, dan Domba.

“Rata-rata perawatannya 8-18 bulan. Alon-alon Sidayu nampak sampai dalam 1 ton 1 kwintal harga jualnya bisa mencapai 30 juta lebih” kata Sugeng.

Sugeng salah satu pendamping peternak dari dinas peternakan sidayu mengungkapkan jika rata-rata keuntungan peternak mencapai 10-15 juta.

Salah satu pemilik Sapi Jenis Simental, Satrukan (61 asal Desa Bolo Kecamatan Ujungpangkah berharap harga jual sapi yang dirawatnya selama satu dapat terjual dengan harga tinggi “Saya ikut kontes ini agar harga jual sapi saya naik, dan saya tawarkan 30 juta” harapnya.

Menariknya, ada salah satu Sapi jenis Brangus milik warga Ujung pangkah mengamuk. Bahkan ulah sapi tersebut sempat membuat warga yang sedang menonton panik. Kemarahan sapi itu ditengarai dengan kondisi sapi stress setelah berada diatas mobil. (Chidir)

Editor: zumrotus S

Rate this article!
Tags: