600 Lansia Senam Bareng Gus Ipul


Kabargresik.com Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Gresik atas perhatiannya kepada seluruh masyarakat lanjut usia (lansia) di Gresik. Pernyataan Gus Ipul ini disampaikan saat hadir pada acara gebyar Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) dan Hari Kesetiakawanan Nasional (HKN) 2017 yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Gresik, Sabtu (14/10).
 
Pada acara yang dihadiri oleh sekitar 600 orang lansia se Kabupaten Gresik, Wagub Jatim, Bupati Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati Mohammad Qosim serta Sekda Gresik Djoko Sulistio Hadi mengajak seluruh lansia yang hadir untuk mengikuti senam lansia Bersama.
 
Pernyataan terima kasih Gus Ipul terhadap Bupati dan Wakil Bupati memang tidak berlebihan. Mengingat jumlah Lansia di Gresik termasuk tinggi.
 
“Saya sangat berterimakasih kepada Bupati Sambari dan Wakil Bupati Mohammad Qosim serta jajaran Pemerintah Kabupaten Gresik karena angka kematian lansia di Gresik terus menurun. Saat ini angka harapan hidup di Gresik mencapai 72,02 tahun lebih tinggi dari angka harapan hidup Propinsi Jawa Timur yang hanya 71 tahun” papar Gus Ipul.
 
Sebelum melakukan senam Bersama, Bupati Gresik menyampaikan agar para lansia selalu melaksanakan pola hidup sehat. ada 4 hal yang perlu dilaksanakan oleh para lansia dalam menjalankan kehidupan.
 
“Marilah kita yang sudah masuk usia lansia untuk tetap beraktifitas, banyak makan sayur dan dan buah, selalu cek up kesehatan minimal enam bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit. Yang penting bagi para lansia selalu berpikir positif” pesan Sambari. “Yang penting kita pasrah kepada Allah SWT” tambah Wabup Qosim yang ikut mendampingi.
 
Pada kesempatan itu Pemkab Gresik memberikan 2 kursi roda kepada para lansia gakin yang membutuhkan. Pemberian kursi roda ini diserahterimakan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur didampingi Bupati dan Wakil Bupati Gresik.
 
Kepala bagian Humas dan Protokol Suyono mengatakan, sesuai data dari Dinas Kesehatan Gresik. Jumlah lansia di Gresik tahun 2017 mencapai 70.041 orang. Diikuti jumlah penduduk pra lansia  mencapai 228.472. “Sesuai data yang disampaikan oleh Dinas Sosial Gresik, Tahun 2017 Pemkab Gresik menganggarkan Rp. 80 miliar untuk pemberdayaan lansia di Gresik” jelas Suyono. (Tik)  

banner 468x60

Rate this article!
Tags: