banner 728x90

Arak Tumpeng Besar Tandai Sedekah Bumi Ngembung

  1. rps20160910_193247.jpg Kabargresik- Sedekah Bumi Desa Ngembung Tahun 2016 kian semarak dan masyarakat sangat antusias sekali mengikuti kegiatan ini.

Warga dua dusun dari tiga dusun yang ada yakni dusun Ngembung RT 4 RW 1 dan dusun Kemendung RT 7 RW 2  nampak memanggul tumpeng raksasa atau gunungan yang berisi hasil bumi warga desa seperti sayuran, buah-buahan dan umbi-umbian menuju balai desa setempat pada Sabtu siang (10/9).

Selain itu,  masyarakat yang mengikuti acara ini membawa tumpeng  dan berkumpul di balai desa Ngembung.

Dan malam harinya hiburan wayang kulit dengan dalang Puguh asal Cerme.

 

Wabup Mohammad Qosim mengapresiasi kegiatan sedekah bumi desa Ngembung saat hadir dan memberi sambutan kepada masyarakat.” Kegiatan sedekah bumi  sebagai adat budaya masyarakat perlu dilestarikan sebagai upaya ucap syukur nikmat atas rahmat dan hidayah  Allah SWT yang telah memakmurkan desa Ngembung. Dan ini sesuai dengan maskot acara ini yakni dua tumpeng raksasa”, kata M.Qosim.

Wabup juga mengajak masyarakat untuk menjauhi sifat sombong dan tetap menjalin kerukunan antar masyarakat dan mensyukuri nikmat Allah SWT, pasti hidupnya bakal mulia.

Tak ketinggalan pula pada kesempatan itu, Camat Cerme Suropadi  mengatakan dalam pemerintahannya Kades Nanik Supranti sukses membangun desa Ngembung, hal ini terbukti dengan menyabet Juara 3 terbaik Kompetisi kualitas pelayanan publik The Sunan Giri Award dan Kepala Desa Nanik Supranti mendapat The Leadership  Acivement Award Tahun 2016 tingkat Kabupaten Gresik selain itu  lunas PBB tahun ini. “Tahun 2016 ini, kecamatan Cerme mendapatkan beberapa penghargaan tingkat Kabupaten berkat kerjasama dan dukungan semua pihak,”tambah Suropadi dengan bangga.

Pada kesempatan ini, Camat Cerme juga memberikan santunan pada 7 anak yatim piatu lalu dilanjutkan dengan pembagian hadiah doorprice oleh Kepala desa dan panitia.

Setelah acara selesai, Kepala Desa Ngembung Nanik Supranti, SPd kepada wartawan kabargresik mengatakan kegiatan sedekah bumi tahun ini lebih spesial karena desa Ngembung baru saja mendapat penghargaan tingkat kabupaten Gresik   tanpa menyebutkannya.

Dan kepada masyarakat desa Ngembung, Kades yang menjabat dua periode ini menyampaikan apresiasinya.” Terima kasih atas dukungan dan kerjasama masyarakat sehingga program pembangunan desa selama ini bisa terlaksana dengan baik,”ucapnya.

Sesuai dengan  tema acara ini sebut Nanik lagi mengajak masyarakat desa untuk selalu  meningkatkan kerukunan dan kebersamaan dalam membangun Desa Ngembung agar lebih sejahtera dan lebih maju.(rud)

Tags: