Awal Puasa, 11 Agustus 2010

kabargresik-Rukyatul hilal di Balai Rukyat Condrodipo Desa Kembangan Kecamatan Kebomas, berhasil melihat hilal (10/08/2010.) Hasil observasi ini akan di bawa ke sidang Itsbat Menteri Agama di Jakarta.

Berdasarkan laporan hasil pemantauan tim rukyat yang di di gelar mulai pukul 17.00 WIB, matahari terlihat terakhir pada pukul 17:31 WIB. Setelah batas waktu rukyat dinyatakan selesai, 2 orang peserta mengaku telah melihat hilal selama kurang lebih 30 detik mulai pukul 17.37.

Kedua orang yang berhasil melihat hilal adalah Ahmad Azhar Bin soffat asal Ponpes Al-Fatih Jalan Tambak Oso Wilangon Surabaya serta Muhammad Ikhwanuddin Bin Ahmad Fudholi asal Jalan Sunan Giri Kecamatan Kebomas Gresik.

Berdasarkan pengakuan keduanya, meski cuaca pada saat prosesi rukyat, cerah berawan, namun hilal berhasil di lihat dengan posisi menghadap ke atas serta miring ke arah selatan dengan ketinggian 3 derajat koma 5 detik. “ Kurang lebih terlihat selama 30 detik”, ujar Ikhwanuddin.

Laporan hasil pemantauan hilal ini selanjutnya di proses melalui persidangan singkat serta sumpah oleh Hakim Pengadilan Negeri Agama setempat yang juga turut hadir dalam kegiatan rukyatul hilal.

Tim rukyatul hilal kemudian menyatakan awal Ramadhan 1431 Hijriyah jatuh pada hari Rabu tanggal 11 Agustus 2010.

Hasil kegiatan memantau hilal oleh Tim Rukyat Kabupaten Gresik ini selanjutnya akan di jadikan sebagai salah satu pertimbangan pada sidang Itsbat Menteri Agama di Jakarta malam ini.

Bukit Condrodipo sendiri berada pada ketinggian 120 meter di atas bermukaan laut dan berada pada kordinat 112° 37′ 2″ Bujur Timur, 7° 10′ 11″ Lintang Selatan. (tik)

>
Rate this article!