Awas Ada Penyakit Kulit Serang Mata Dan Lidah

foto: caters_ News Agency

foto: caters_ News Agency

kabargresik_  Seorang bayi laki-laki mengidap penyakit kulit yang langka, ada benjolan merah menutupi kulitnya, bahkan benjelon tersebut berada di mata dan lidahnya.

Anak kecil yang bernama Oscar Langham memiliki ruam yang terlihat seperti cacar air di seluruh tubuh mungilnya, yang semakin hari senakin memburuk..

Hal ini menyebabkan beberapa orang takut untuk menyentuhnya karena dikhawatirkan menular..

Dia didiagnosis dengan Langerhans ‘histiocytosis sel, penyakit kanker seperti sel kekebalan, enam bulan yang lalu

Di sinilah tubuh terakumulasi terlalu banyak sel Langerhans dewasa – sejenis sel darah putih yang biasanya membantu melawan infeksi – yang dapat menyebabkan tumor dan kerusakan organ.

Meskipun diobati dengan kemoterapi dan steroid, bintik-bintik Oscar ini tetap ada, hal ini yang membingungkan dokter  yang merawatnya.

Dikutip dari Dailymail, Orang tuanya Daniel Langham, (20), dan Steph Webster, (26), yang putus asa untuk mengetahui apa yang menyebabkan penyakit anak mereka,

Ms Webster, dari Leek, Staffordshire, mengatakan: “Ketika Oscar lahir ia sudah memiliki kelainan kulit di beberapa tempat pada tubuhnya.”

“Awalnya kami tidak menyadari ada sesuatu yang salah, kami pikir itu hanya sesuatu yang normal seperti ruam neonatal – tapi bidan melihatnya dan menyadari mungkin ada masalah.”

‘Sejak itu, anak ini semakin buruk dan lebih buruk. ”

Ms Webster melanjutkan: ‘Orang-orang selalu bertanya apakah dia punya cacar air, dan mereka sering menatap dia dan menunjukkan dia keluar di jalan – orang tidak mau mendekati dia karena mereka berpikir bisa menular’

“Itu kadang-kadang saya marah, tetapi jika Anda membiarkan setiap hal kecil kesal Anda tidak akan pernah meninggalkan rumah, jadi kami hanya pasrah dengan itu.” terang orang tuanya.

Kondisi ini berarti Oscar juga memiliki sejumlah masalah lainnya, termasuk pembesaran hati dan limpa, dan sistem kekebalan tubuh yang melemah karena sel-sel darah dan sumsum tulang tidak mereproduksi dengan benar.

Bintik-bintik di mata Oscar bisa menghambat penglihatannya  jika membesar.

Dan yang paling mengkhawatirkan dari semua itu, penyakit ini dikaitkan dengan kanker, meskipun penyebab pastinya tidak diketahui.

Dokter tidak tahu apa penyebabnya, meskipun memiliki tingkat kelangsungan hidup 90 persen, menurut Rumah Sakit Great Ormond Street.

Kita tidak tahu apa yang menyebabkan itu – kami baru saja diberitahu untuk berharap untuk yang terbaik.

Sejak ia lahir pada bulan Mei 2015, Oscar telah mengalami tes darah yang tak terhitung jumlahnya, darah dan trombosit transfusi mingguan, tes sumsum enam tulang dan dua biopsi kulit.

Pada berusia 11 minggu ia mulai sesi kemoterapi mingguan, sebelum didiagnosa histiocytosis sel Langerhans ‘di sekitar 15 minggu.

Di Inggris, hanya sekitar 50 anak dalam setahun yang didiagnosis dengan kondisi seperti itu, namun penyakit yang diderita Oscar membuatnya kasus yang tidak biasa.

Ms Webster mengatakan: ‘Untuk bayi yang lahir dengan bintik-bintik hampir tidak pernah terdengar.’

“Ketika Oscar lahir dokter di Royal Stoke mengatakan mereka tidak pernah mendengar itu terjadi sebelumnya.

“Kami hanya bingung, dan butuh jawaban tentang apa yang terjadi dan apa yang terjadi ke depan.’

Oscar lahir 16 hari keterlambatan dari jadwal, melalui operasi caesar .

Saat lahir, orang tua dan dokter berpikir tidak apa-apa – namun perjalannya waktu kondisi Oscar memburuk.

Sekarang, keluarga menunggu rujukan ke dokter spesialis histocytosis.

Ms Webster mengatakan: ‘Setiap orang hanya menyilangkan jari mereka untuk berdoa dan berharap Oscar akan lebih baik.’

“Jadi sedikit yang diketahui tentang hal itu, bahwa tidak ada yang tahu bagaimana untuk membantu dia. Ini khawatir, karena kita tidak tahu apa yang terjadi kedepan. ”

Dia melanjutkan: “Dia punya bintik-bintik di sekujur tubuhnya – bahkan pada lidahnya dan bola matanya – yang membuat saya khawatir tentang apa yang terjadi di dalam tubuhnya. ‘

Namun, dia mengatakan meski kondisinya memburuk, Oscar adalah anak yang bahagia – dan ia dan Mr Langham tidak peduli tentang penampilannya selama dia sehat.

” Selama dia bahagia dan sehat, kita tidak peduli tentang bagaimana dia terlihat di luar. Kami hanya ingin menemukan beberapa jawaban. ”

Dr Sarah Thompson, konsultan dokter anak di Rumah Sakit Royal Stoke University, yang telah terlibat dalam pengobatan Oscar, mengatakan: ‘Penyakit Oscar memiliki versi langka dari kondisi yang sudah sangat langka.

‘Pada dasarnya, sistem kekebalan tubuh Oscar adalah lebih merespon kondisi kulit.

‘Oscar telah diobati dengan kombinasi kemoterapi dan steroid, tapi sayangnya kondisinya tetap.

“Kami sedang menunggu pendapat ahli dari pakar nasional dan Oscar terus dipantau di Rumah Sakit Royal Stoke University. ‘ (tik/K1)

Tags: