Biar Fokus Puluhan Buruh Latihan Management Aksi

kabargresik.com – DPC konfederasi SPSI Gresik mengadakan Diklat advokasi untuk anggota federasi serikat pekerja yang tergabung dalam Konfederasi SPSI Gresik di lie Mas hotel Tretes Pasuruan, 4- 5 November 2019

Sebanyak 85 peserta yang tergabung dalam Konfederasi SPSI Gresik mengikuti diklat advokasi tersebut. Federasi Serikat Pekerja KAHUT SPSI Gresik mendominasi peserta diklat dengan mengirimkan 32 peserta, dan sisanya terbagi dari berbagai Federasi Serikat Pekerja lain yaitu, federasi serikat pekerja logam elektronik dan mesin( F SP LEM SPSI ) federasi serikat pekerja rokok, tembakau, makanan dan minuman (F SP RTMM SPSI) federasi serikat pekerja Kimia Energi dan Pertambangan ( F SP KEP SPSI ) Federasi Serikat Pekerja Transportasi Indonesia ( F SPTI SPSI ).

Acara diklat advokasi tersebut dibuka oleh sekretaris DPD K-SPSI Jawa Timur Misdi.SH, hadir pula Mashudi. SH, Didik Hendriyono dan juga Subari. SH sebagai narasumber.

Ketua DPC konferensi SPSI Gresik Ali Muchsin. SH mengatakan dalam sambutannya ” peran SPSI sejauh ini hanya sebagai koordinator, semua kegiatan tertumpu pada federasi masing-masing serikat pekerja ”

sementara sekretaris DPD KSPSI Jawa Timur Misdi. SH mengatakan ” dengan adanya Diklat ini diharapkan peserta semakin pintar dalam melaksanakan negosiasi dalam perundingan dengan pihak pengusaha, Dia juga mengatakan bahwa kunci dari sebuah perundingan dan juga negosiasi adalah komunikasi yang baik.

Didik hendriyono dari Komunitas Wartawan Gresik yang juga sebagai narasumber memberikan materi tentang manajemen aksi dan orasi. Dia mengatakan seorang orator harus bisa SYLAT yaitu semangat, yakin, lantang, akting dan tatapan yang tajam.
Dalam sesi itu semua peserta dibagi secara acak menjadi 9 kelompok dan masing-masing kelompok harus berorasi di depan mempraktekkan materi yang sudah dipaparkan dalam diklat tersebut.

Sesi yang paling menarik adalah ketika Ali Muchsin. SH dan seluruh pengurus DPC K-SPSI Gresik harus juga melakukan orasi di depan peserta.

Dengan semangat tinggi, keyakinan yang besar, suara yang lantang dan juga akting yang meyakinkan, Ali Muchsin.SH dan seluruh pengurus DPC K-SPSI membuat semua peserta ikut terbakar semangatnya dan bersama-sama ikut terbawa dalam suasana perjuangan.

Ali Muchsin. SH mengatakan bahwa yang berada di barisan depan dalam jajaran DPC K-SPSI dan juga seluruh pengurus harus bisa memberikan contoh yang baik kepada para peserta diklat agar bisa menjadi panutan. Karena tujuan dari diklat ini adalah meningkatkan kapasitas SDM pekerja dan mewujudkan hubungan industrial yang harmonis. ( Budi/tik )

Tags: