Bumdes Mentaras Akan Produksi Air Kemasan


‚ÄčKabargresik.com – Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Mentaras Kecamatan Dukun melayani kebutuhan dasar warga yang selama ini kesulitan mendapatkan air bersih.

Bahkan jangka panjangnya, melalui program Pamsimas juga dimanfaatkan untuk penyediaan air minum dalam kemasan yang akan menjadi produk unggulan desa melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) 

Program tersebut merupakan program pemerintah untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelajutan.

Kepala Desa Mentaras Dukun, Akhmad Suparto menjelaskan melalui program Pamsimas warga semakin mudah mendapatkan air bersih. Sebab kata dia, selama ini di Desa Mentaras terdapat beberapa kampung yang airnya tidak layak. 

“Prinsip pansimas itu membentuk kelompok kerja masyarakat dan sangat melibatkan partisipasi masyarakat. Program ini menjawab kebutuhan masyarakat yang selama ini kekeruangan air bersih. Tahun ini mulai berjalan,” katanya Rabu (01/11)

Terkait sistem penyaluran air bersih, Suparto menjelaskan, air bersih tersebut mengalir ke rumah warga serta dikelola secara penuh oleh Bumdes serta sistemnya nanti seperti air PDAM. 

“Pamsimas ini dikelola oleh Bumdes, serta sistemnya akan seperti Air PDAM” tambah dia. 

Selain dimanfaatkan untuk kebutuhan penyediaan air bersih untuk warga, Kades Mentaras dua periode itu menambahkan, program Pamsimas ini akan berkelanjutan, bahkan bisa saja menjadi aset desa yang dikelola dengan baik melalui Bumdes dan menjadi produk air minum dalam kemasan yang akan diperjualbelikan. 

“Jika program ini berhasil, bisa jadi sebagai produk unggulan dengan membuat brand tersendiri dengan memunculkan air minum dalam kemasan yang akan menjadi aset desa dan dikelola secara penul melalui Bumdes,” tutur pria yang berlatarbelakang advokat itu. (Akmal/k1)

>
Tags: