Desa Di Gresik Mulai Cari PADes Dari Wisata

kabargresik.com – Sejumlah desa di Kabupaten Gresik mulai mengembangkan Pendapatan Asli Desa (PADes) melalui sector wisata. Salah satunya adalah Desa Pangkah Wetan Kecamatan Pangkah yang sukses mengembangkan potensi wisata pantai melalui wisata Mangrove dan kuliner.

Pilihan paket wisata yang ditawarkan membuat wisatawan domestik maupun luar negeri mulai berdatangan. Bahkan, bulan Maret lalu sekitar 100 wisatawan asal Malaysia berkunjung ke wisata Desa Pangkahwetan tersebut.

Maka dari itu, untuk mewujudkannya tambah Qolib, pemerintah desa harus memiliki pola pikir maju untuk mengembangkan desanya.

“Ternyata banyak desa di Gresik ini yang berpotensi. Mereka sudah mandiri dan dapat memanfaatkan potensi desanya. ¬†Pemerintah harus berpihak semangat menggali potensi desa,” ungkapnya Sabtu, (28/4/2018).

Untuk mendorong memajukan desa mandiri, politikus PPP itu mengaku akan melakukan berbagai hal untuk mewujudkannya. Antara lain, dengan mengusulkan ke Pemda agar memprioritaskan pembangunan di desa-desa yang ingin maju dan mandiri melalui wisata.

“Tentu kita akan berupaya sesuai tupoksi kita, Pemda harus mendukung infrastruktur, jalan poros desa harus di prioritaskan pembangunan disini,” jelas Qolib.

Sementara itu, Kepala Desa Pangkahwetan, Syaifullah Mahdi menjelaskan, upaya memajukan desa yang ia pimpin itu memang sudah menjadi program kerjanya sejak terpilih menjadi kepala desa.

Dirinya menjelaskan, saat ini, perkembangan Desa Pangkahwetan sangat signifikan. Kesejahteraan masyarakat mulai bisa dirasakan.

Beberapa inovasi telah dilakukan, antara lain, pengembangan berbagai sektor pariwisata dan kuliner hingga didapuk menjadi salah satu desa wisata di Kota Pudak.

Maka dari itu, untuk menunjang akses wisata, dirinya meminta kepada pemerintah terkait untuk sama-sama peduli dengan keberadaan wisata.

“Sudah dibuktikan, sektor pariwisata dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), kita dapat mengelola wisata dengan baik dan mampu memberikan kontribusi untuk desa,” ungkapnya.¬† (adv/tiko)

Tags: