Finish Empat Besar, Indonesia Tetap Catat Sejarah


Kabargresik.com_Tim Nasional Bola Voli Indonesia hanya mampu finish diposisi empat dalam kejuaraan 19th Asian Senior Men’s Volleyball Championship 2017. Berhadapan dengan Korea dalam perbutan tempat ketiga di GOR Tri Dharma, Gresik, Selasa (01/08/2017), Anak asuh Samsul Jais menyerah dengan skor 3-0 (26-16, 25-21, 25-13).

Meski gagal finish diposisi tiga besar, namun  hasil yang diraih Agung Seganti dan kawan-kawan pada kejuaraan ini sejatinya cukup baik. Sebab posisi empat merupakan sebuah pencapaian terbaik dalam sejarah voli tanah air.

Indonesia sebenarnya sempat tampil mengejutkan pada awal set pertama dan sempat leading 7-4. Namun Korea mampu memaksimalkan inkonsistensi permainan Indonesia untuk merebut kemenangan di set pertama dengan skor telak 26-16.

Memasuki set kedua permainan Indonesia masih angin-anginan. Sempat leading hingga selisih empat poin, Mahfud Nurcahyadi dan kawan-kawa justru kembali kehilangan set kedua dengan skor 21-25.

Indonesia yang wajib menang pada set ketiga justru tampil loyo. Koordinasi antar pemain Indonesia terlihat jauh menurun dibanding dua set awal. Diakhir set ketiga anak asuh Samsul Jais, menyerah dengan skor cukup telak 13-25.

Asisten pelatih Indonesia Andri Widyatmoko mengatakan, meski kembali kalah dari Korea dan gagal finish diposisi tiga besar, namun diakuinya banyak pelajaran yang diambil dari kejuaraan ini. Sebab bagi Indonesia, tampil di kejuaraan 19th Asian Senior Men’s Volleyball Championship 2017 ini hanya sebagai pemanasan jelang Sea Games Agustus mendatang.

“Kita tetap ambil sisi positifnya dari kejuaraan ini untuk Sea Games yag hanya sisa waktu 2 minggu. Kejuaraan ini kita kan hanya jadikan sebagai persiapan agar saat Sea Gmaes bisa maksimal,” ujar Andri Widyatmoko dalam sesi konferensi pers usai pertandingan. (Efendi).

>
Tags: