HUT Pemkab Gresik, Pegawai Pakai Jarik

Ada yang berbeda pada suasana saat apel pagi yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Gresik pada Senin, (8/3). Para PNS yang biasanya berbaris dengan pakaian berwarna coklat kheki, tapi kali ini mengenakan pakaian khas Gresik (PKG). Dalam rangka memperingati HUT Pemkab Gresik ke 36 yang jatuh pada 27 Pebruari dan hari jadi kota Gresik ke 523 yang jatuh ada 9 Maret 2009, mulai hari ini sampai Jum’at (12/3) PNS Pemkab Gresik mengganti pakaian seragamnya dengan pakaian khas Gresik. Namanya juga pakaian khas, yang tidak ditentukan warnanya. Jadilah aneka warna ini menghias seakan menambah kesemarakan suasana Ulang Tahun.

Kesemarakan ini justeru tampak pada barisan para ibu, selain warnanya beranekaragam sesuai selera, pakaian yang dikenakan sangat berbeda jauh dari yang biasa dikenakan sehari-hari. Ibu-ibu PNS ini mengenakan kain kebaya, bersandal hak tinggi dan berkerudung kurosi (kurudung sarung khas Gresik). Hal ini menjadi masalah, terutama bagi para ibu yang kesehariannya jarang memakai sandal hak tinggi dan berkebaya. Jadilah mereka tampak kesulitan dalam berjalan. Saat memberi hormatpun, ada beberapa ibu-ibu yang tangannya tersangkut kudung sarungnya.
Hal ini berbeda dengan PNS laki-laki. Para bapak PNS mengenakan pakaian khas Gresik berwarna putih-putih berterompah, lengkap dengan lilitan sarung diatas lutut serta bersongkok. Beberapa orang diantaranya masi menghiasi dengan bandul rantai serta beberapa asesoris lain khas pria-pria priyayi jaman dulu. PLT Sekda Gresik, M. Najikh dalam sambutan apel paginya mengatakan, “pada seminggu terakhir ini kita akan merayakan HUT Pemkab Gresik dan Hari Jadi Kota Gresik. Mari kitra sukseskan agenda Ulang Tahun ini, yang pada hari ini telah kita mulai dengan kita memakai PKG” ajaknya.

Kabag Humas M. Hari Syawaludin dalam keterangannya seusai apel pagi mengatakan, beberapa agenda pada HUT Pemkab dan Hari Jadi Gresik ini antara lain. Mengenakan PKG untuk PNS se Kabupaten Gresik mulai hari ini sampai Jum’at. Pada Selasa (9/3) tepat hari jadi kota Gresik akan diselenggarakan gelar budaya,yaitu semacam karnaval yang mengikutkan seluruh masyarakat Gresik.

Puncaknya pada Jum’at malam (12/3) akan diselenggarakan resepsi Ulang Tahun yang akan dimeriahkan oleh Band D’Masif dari Jakarta. Selain Band, Panitia juga menghadirkan sederetan Artis KDI dari Jakarta dan diiringi OM Sera.(sdm)

>