IBM Bikin Transitor Supercepat

IBM telah menciptakan transistor graphene dan akan meninggalkan transistor yang menggunakan silicon. Saat ini Perangkat prototipenya, terbuat dari atom-lembar tebal karbon, beroperasi pada 100 gigahertz – yang berarti mereka dapat mengaktifkan dan menonaktifkan 100 miliar kali setiap detik, sekitar 10 kali lebih cepat dari transistor silikon speediest.

Transistor diciptakan dengan menggunakan proses yang kompatibel dengan manufaktur semikonduktor yang ada, dan para pakar mengatakan mereka dapat ditingkatkan untuk menghasilkan transistor untuk pencitraan kinerja tinggi, radar, dan perangkat komunikasi dalam beberapa tahun ke depan, dan untuk zippy prosesor komputer dalam satu dekade atau lebih.

Para peneliti sebelumnya telah membuat transistor graphene menggunakan metode mekanis dengan susah payah, misalnya dengan lembaran graphene dari grafit; transistor tercepat dibuat dengan cara ini telah mencapai kecepatan hingga 26 gigahertz. Transistor dibuat dengan menggunakan metode yang serupa tetapi tidak sama dengan kecepatan ini.

Tumbuh transistor di wafer tidak hanya mengarah ke performa yang lebih baik, itu juga lebih layak secara komersial, kata Phaedon Avouris, pemimpin ilmu pengetahuan dan teknologi nano kelompok di IBM Watson Research Center di Ossining, NY.

Pada akhirnya, graphene memiliki potensi untuk menggantikan silikon dalam kecepatan tinggi untuk prosesor komputer. “Bahkan tanpa mengoptimalkan desain, transistor ini sudah 2,5 kali lebih baik daripada silikon,” kata Yu-Ming Lin, peneliti lain di IBM Watson yang bekerja sama dengan Avouris.

Peneliti lain telah membuat transistor sangat cepat menggunakan bahan semikonduktor mahal seperti indium phosphide, tetapi perangkat ini hanya beroperasi pada temperatur rendah. Secara teori, graphene memiliki sifat yang diperlukan untuk membiarkan transistor Terahertz dijalankan pada kecepatan pada suhu kamar. (tr/tik)

>
Rate this article!