Ikan Asap Jadi Oleh-oleh Berwisata Di Dalegan


‚ÄčKabargresik.com – Berkah membeludaknya pengunjung Wisata Pasir Putih (WPP) Dalegan Panceng pada liburan hari raya Idul fitri 1438 H adalah para penjual ikan asap, rata-rata mereka mendapatkan omzet berlipat.

Seperti yang diungkapkan Askawati (38) perempuan asal Dalegan yang berjualan ikan asap di areal WPP ini mengaku kebanjiran pesanan. Sebab kata dia, banyaknya pengunjung menjadi berkah tersendiri bagi pedagang ikan asap.

“Setiap libur lebaran omzet meningkat hingga jutaan per hari. Ini baru buka saja sudah banyak yang beli” katanya kepada kabargresik.com Rabu (28/06/2017)

Beberapa jenis ikan laut yang dijual pedagang ikan asap seperti ikan manyung, tongkol, dorang putih, bandeng dan pindang. Dari pantauan Kabargresik.com terdapat puluhan pedagang ikan asap berada di areal wisata pasir putih dan beberapa lapak yang disediakan pengelola wisata.

Para pedagang ikan itu mengaku jika selama musim liburan penjualan Ikan Asap di area wisata tersebut sangat laris. Bahkan dalam satu hari mereka bisa beberapa kali memanggang atau mengasapi ikan hasil tangkapan nelayan sekitar untuk dijual kembali.

“Disini harga paling murah 7 ribu dan paling mahal 50 ribu. bahkan saking larisnya, Kemarin (27/06) saya sudah dua kali mengasapi ikan” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Pengelola Wisata Pasir Putih (WPP) Maf’udi menambahkan dalam libur lebaran pengunjung membeludak hingga mencapai 10.000 orang per hari. Ia menambahkan, tak hanya penjual ikan asap, beberapa penjual yang berjualan disini juga mendapat berkah.

“Tak hanya penjual ikan asap. Beberapa penjual souvenir, aneka camilan hingga jasa perahu dan sewa ban juga mendapat berkah dari membeludaknya pengunjung” tambahnya.

Selain berbagai macam ikan laut yang diasapi, beberapa olahan pesisir siap menjadi buah tangan pengunjung Wisata Pasir Putih (WPP). Seperti kerang hijau, krupuk ikan laut, kepiting dan rajungan (Akmal/tik)

Tags: