banner 728x90

Ini Keriuhan Guru SMP Saat Seminar Grafologi

Kabargresik.com – Tulisan tangan yang dibuat seseorang ternyata bisa mencerminkan kepribadian orang tersebut, bahkan teknik yang diberi nama grafologi itu bisa memahami karakter anak. melihat pentingnya ilmu tersebut di dunia pendidikan, hal tersebut menjadi pembahasan serius dalam seminar memahami karakteristik peserta didik yang diadakan SMA Muhammadiyah 10 GKB.

 

Tak hanya dihadiri civitas akademik SMA Muhammadiyah 10 GKB, ratusan guru Bimbingan Penyuluhan dan Konseling (BP/BK) dari berbagai sekolah tingkat SMP se-Kabupaten Gresik juga turut mengikuti seminar tersebut.

 

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SMA Muhammadiyah 10 GKB, Jalan Mutiara 95 Pondok Permata Suci (PPS) Manyar, Gresik.

 

Dalam paparannya, Iffah Rosyiana pemateri seminar mengatakan untuk bisa mendeteksi karakter setiap anak, guru BK juga harus mempratikkan ilmu grafologi  “selain tes IQ, Dengan ilmu grafologi guru dapat memberikan gambaran karakter anak. Cara ini sangat cocok digunakan untuk memetakan karakter siswa” katanya kepada ratusan peserta.

 

Tak hanya memahami karakter siswa, ilmu grafologi ini bisa diterapkan untuk memetakan siswa dengan melihat tingkat kecerdasan hingga produktifitas siswa. praktisi psikologi asal Surabaya itu menekankan kepada guru BK agar bisa mempraktikkan ilmu tersebut di dunia pendidikan.

 

“Alat yang dibutuhkan sangat mudah untuk tes grafologi, aplikasinya pun mudah. metode grafologi ini merupakan refleksi dari alam bawah sadar manusia, sehingga akan bisa memahami karakter siswa, tingkat kecerdasan hingga tingkat produktifitas siswa” paparnya.

 

Sementara itu, Isa Iskandar kepala sekolah SMA Muhammadiyah 10 GKB  melalui koordinator Humas  Wafiq Amiqoh mengatakan dalam perkembangannya, ilmu grafologi  juga bisa diterapkan dalam dunia pendidikan.

‘’walaupun acaranya singkat, semoga bisa bermanfaat bagi kami dan beberapa guru BP/BK untuk memahami karakter siswa melalui ilmu grafologi’’ pungkasnya. (Akmal/k1)

Tags: