Kalah Dari Jabar, Putri Jatim Batal Lolos Langsung ke Semifinal

jtKabargresik.com_Tim Putri Jawa Timur (Jatim) gagal memastikan tiket lolos langsung ke babak semifinal Kejurnas Bola Voli Junior 2016, setelah takluk dari Putri Jawa Barat (Jabar) 3-1 (25-18, 25-14, 23-25, 25-21), di SOR Petrokimia Gresik, Rabu (12/10/2016).

Tanda-tanda kekalahan Putri Jatim sudah nampak sejak dua game awal. Megawati Hengestri Pertiwi dan kawan-kawan banyak melakukan kesalahn sendiri dan sering gagal mengembalikan bola serve Putri Jabar.

“Bola pertama mereka sangat bagus sementara receive anak-anak sangat buruk, padahal dilatihan pagi tadi sudah kita antisipasi hal itu. Selain itu secara individu dan tim work anak-anak Jabar saya akui lebih bagus,” ujar pelatih putri Jatim, Taufiq Hidayat.

Selain itu, Taufiq mengakui jika cideranya Khalisa Azillia Rahma sedikit memberi pengaruh terhadap rekan-rekannya. Osa sapaan akrab Khalisa Azilla Rahma merupakan salah satu pemain Putri Jatim yang berlaga di ajang PON XIX Jabar 2016 lalu.

“Sedikit banyak cideranya osa membuat kepercayaan diri anak-anak sedikit menurun. Padahal mereka sudah saya ingatkan bahwa ini adalah tim work bukan bergantung pada individu,” tambahnya.

Kekalahan dari Putri Jabar, membuat tim asuhan pelatih Taufiq Hidayat itu finish diperingkat kedua pool Y babak penyisihan grup. Untuk bisa melenggang ke babak semifinal, mereka harus bisa mengalahkan DI Yogjakarta sebagai penghuni peringkat 3 pool X, pada hari Kamis (13/10/2016) besok.

“Kita akan lakukan pembenahan terutama di receive. Sementara untuk serangan dan pertahanan saya kira sudah tidak ada masalah. Saya optimis bisa lolos ke semifinal,” pungkasnya.

Sementara bagi Tim Putri Jabar, dua kali kemenangan yang mereka raih sekaligus langsung meloloskan mereka ke babak semifinal. Menurut sang pelatih, Agus, kunci keberhasilan anak asuhnya karena Aulika Rassya Miranda dan kawan-kawan tak banyak melakukan kesalahan sendiri.

“Sejak awal saya instruksikan kepada anak-anak jangan melakukan kegagalan dalam serve dan instruksi itu mereka jalankan dengan baik. Dipertandingan kedua ini anak-anak juga kelihatan lebih percaya diri,” ungkap pelatih Putri Jabar, Agus. (Efendi/k1)

>
Tags: