Kaligrafi Bandeng Cindera Mata Untuk Jokowi Di Gresik

Kabargresik.com – Pelukis kaligrafi Gresik H. Muhammad Riyanto adalah salah satu orang yang mendapatkan berkah dari kunjungan Presiden Jokowi yang kali ini memiliki beberapa agenda kunjungan ke Gresik, Lamongan, Tuban, Surabaya, pada Kamis dan Jumat, tanggal 8-9 Maret 2018.

Salah satu anggota Galeri Seni Rupa Gresik (GASRUG) dipercaya oleh Rumah Makan Bandeng Pak Elan II yang berlokasi di Jl. Veteran Gresik, untuk membuat lukisan kaligrafi sebagai cindera mata yang akan diberikan kepada Presiden Jokowi.

Dalam agenda kunjungannya di Gresik, Presiden RI ketujuh itu akan menyempatkan diri makan siang di Rumah Makan Bandeng Pak Elan II, Kamis (8/3). “Lukisanya sudah diambil, katanya mau dikasihkan Pak Jokowi Kamis siang,” kata alumni Ponpes Roudlotut Tholibin, Tambak Osowilangon, Surabaya itu.

Lukisan berukuran 50×60 cm berbahan cat akrilik tersebut berbentuk dua ikan bandeng bertuliskan kaligrafi dengan kaidah khat tsulust. “Untuk bandeng yang atas saya tulis nama Ibu Iriana Joko Widodo. Sedang yang bawah Pak Jokowi Widodo,” jelas pelukis yang belajar kaligrafi dari Ustadz Faiz Abdur Rozzaq, Bangil Pasuruan.

Bukan tanpa alasan, penempatan nama Jokowi Widodo di bawah menurut Riyanto memiliki makna bahwa Presiden Jokowi memiliki tanggungjawab besar kepada rakyatnya. “Pak Jokowi kan nyonggo bebane negoro,” ucap pria 43 tahun itu.

Sebagai ornamen penunjang dalam lukisannya, Riyanto menyisipkan bentuk bandeng dan pudak yang menjadi ciri khas Kota Gresik. Sedang pembuatan lukisan ini dikerjakan selama tujuh jam.

“Saya selesaikan tepat tujuh jam. Pak Jokowi adalah Presiden RI ketujuh. Dan Surat Al Fatihah juga terdiri dari tujuh ayat. Bismillah semoga barokah,” ujar ayah tiga anak ini. (Sa/tik)

banner 468x60
Tags: