Ketua DPRD Gresik : Sosialisasi Parkir Elektrik Perlu Ditingkatkan

kabargresik.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gresik, Ahmad Nurhamim melakukan Sidak penerapan parkir elektronik atau E-Parkir yang berada di Jl KH Hasyim Asy’ari Kota Gresik, Rabu (16/1/2019) siang.

Nur Hamim tidak sendirian, Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub), Agustin Halomoan Sinaga juga ikut dalam sidak tersebut.

Ketua DPRD Gresik, Ahmad Nurhamim mengatakan, penerapan parkir elektronik secara umum bagus dan masih uji coba. Namun yang harus ditingkatkan adalah sosialisasi kepada masyarakat soal penggunaannya.

“Ya ini inovasi dari Dishub Gresik agar retribusi parkir tidak jeblok lagi. Harus ditambah lagi ruasnya,” kata Nurhamim.

Dalam sidak tersebut, Nurhamim juga menyayangkan masih banyaknya parkir liar yang ada di Kota Pudak.

Beberapa ruas di Kota Gresik sebenarnya dikatakan Nurhamim bisa dimanfaatkan untuk menambah retribusi parkir seperti Jl Ahmad Yani. Namun dalam praktiknya parkir tersebut dikelola desa atau kelurahan.

“Padahal di jalan tersebut ketegori jalan kabupaten. Ini harus ditindaklanjuti agar ada retribusi masuk dari parkir tepi jalan,” ungkapnya.

Legislator asal Partai Golkar itu membeberkan, Dishub harus melakukan pemetaan menyeluruh agar parkir tepi jalan lain bisa menggenjot pendapatan dari retribusi parkir.

“Dan agar tidak ada konflik baru. Harus melalui cara cara humanis,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dishub Agustin Halomoan Sinaga mengaku instansinya sudah banyak melakukan inovasi untuk meminimalisir bocornya pendapatan dari retribusi parkir.

Di tahun ini, Dishub ditargetkan bisa mengumpulkan pendapatan dari retribusi parkir sebanyak Rp 4,573 Miliar. “Dan penerapan parkir elektronik adalah salah satunya agar target itu tercapai,” bebernya, optimis.

Agustin juga menyampaikan, selain memperluas jangkauan parkir elektronik. Di tahun ini, Dishub akan memberikan insentif kepada 200 juru parkir.

“Kita anggarkan untuk memberikan insentif kepada juru parkir sebesar 2,1 Miliar. Itu dilakukan untuk meminimalisir kebocoran retibusi parkir,” ungkapnya, menambahkan saat mendampingi Ketua DPRD Gresik sidak penerapan parkir elektronik.(Adv)

Tags: