Mural Agustusan Hiasi Jalanan

banner 468x60

Kabargresik.com – Semakin dekatnya dengan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 72 yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, warga kota pudak mulai menghiasi halaman dan jalan depan rumah dengan Berbagai pernak-pernik khas merah putih. 

Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan cinta tanah air. Seperti yang dilakukan masyarakat desa Ngemboh, Ujungpangkah, Gresik. Sejumlah warga mulai menghiasi pernak-pernik khas merah-putib di depan rumahnya masing-masing. 

Tak hanya menghiasi dengan pernak-pernik khas merah-putih. Bahkan beberapa warga terlihat menuliskan atau menggambar gambar khas kemerdekaan di jalan poros desa. 

“Selain memasang pernak pernik merah-putih, Kami juga menggambar gambar khas kemerdekaan. Hal ini untuk menumbuhkan cinta tanah air” kata Aditya salah satu pemuda desa Ngemboh Ujungpangkah. Minggu (13/08) 

Selain memasang pernak-pernik khas merah-putih. Momentum HUT RI biasanya diisi dengan berbagai lomba-lomba seperti sepak bola, catur, tenis meja, cerdas cermat dan lain sebagainnya. 

Tak hanya gambar khas kemerdekaan yang digambar di jalan poros desa. Para pelukis tembok (mural) juga tak menyia-nyiakan momentum tersebut, mereka saling mengekpresikan dirinya dengan melukis tembok sehingga menjadi seni lukis bernilai tinggi. 

“kalau waktunya Agustusan gini enak, kita bisa menggambar dengan tema kemerdekaan di berbagai tempat bisa. Karena bentuk ekspresi kami” ungkap Rofiq salah satu pelukis mural asal Cerme itu. 

Baginya, momen Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) merupakan cara yang tepat untuk mengekpresikan diri sebagi bentuk wujud cinta tanah air. (Akmal/1)

Rate this article!
Tags: