banner 728x90

Pajak PBB Capai 43.5M

kantor kecilkabargresik_ Target perolehan Pajak Bumi Bangunan (PBB) Gresik sampai 22 Agustus 2114 mencapai Rp. 43, 5 milyar. Jumlah ini setara dengan 62,16% dari target sebesar Rp. 70 milyar. Setelah ada perubahan yakni dalam PAPBD 2014 target ini menjadi Rp. 75 milyar. Hal ini disampaikan oleh Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto hadir dalam acara Bulan Panutan PBB yang bertempat di Ruang Mandala Bakti Praja, Kamis (28/8).

Wakil Bupati Gresik Drs. Mohammad Qosim, M.Si yang hadir mendampingi Bupati Gresik pada kesempatan itu berharap, agar melalui acara ini target penerimaan PBB segera. “Para Kepala Desa yang hadir ini, nantinya bisa memotifasi warganya. Berbagai cara bisa dilakukan melalui tokoh masyarakat, Kyai dan para alim ulama agar PBB didesanya bisa lunas 100 prosen” kata Wabup menimpali.

Ada 92 desa se Kabupaten Gresik yang Pajak Bumi dan Bangunannya lunas 100 prosen. Desa tersebut yaitu 17 desa di Kecamatan Sangkapura (100%), 13 desa di Kecamatan Tambak (100%), 18 desa di Kecamatan Dukun, 14 desa di Benjeng, 7 desa di Sidayu, 6 desa di Balongpanggang, 4 desa di Bungah, 4 desa di Panceng, 3 desa di Kebomas, 2 desa di Cerme dan Kecamatan Duduksampeyan, Gresik, Manyar, dan Wringinanom masing-masing 1 desa.

Kendati hanya 3 desa yang lunas PBB, namun kecamatan Kebomas memperoleh nilai tertinggi dalam nominal pembayaran diantara kecamatan yang lain. Kecamatan Kebomas Gresik membukukan PBB sebesar Rp. 1,1 milyar. Disusul kecamatan Menganti sebesar Rp. 1,05 milyar. Kecamatan Manyar menduduki ranking ke tiga yaitu diangka Rp. 983 juta. Sedangkan Kecamatan Driyorejo berhasil membukukan PBB sebesar Rp. 965 milyar.

Sebuah prestasi ditorehkan oleh Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak, keduanya ada di wilayah Kepulauan Bawean. Menurut Kepala Bagian Humas Pemkab Gresik Suryo Wibowo, dua kecamatan tersebut pada tahun 2014 ini berprestasi dalam memotivasi warganya untuk pelunasan PBB. Dari 30 desa yang ada di kecamatan Sangkapura dan Tambak, 100% wajib pajaknya telah melunasi pembayaran PBB sebelum jatuh tempo.”Ini baru pertama dan merupakan prestasi baik yang patut dicontoh oleh masyarakat yang lain” kata Suryo yang saat menjadi Camat Benjeng dulu beberapa kali berhasil melunaskan 100 % PBB yang ada diwilayahnya. (sdm)

editor: sutikhon

Rate this article!
Pajak PBB Capai 43.5M,5 / 5 ( 1votes )
Tags: