Panitia UN 2012 Disumpah Kejujuran

Kepala Sekolah dan Guru selaku Panitia dan Pengawas Ujian Nasional menjalani  sumpah kejujuran Selasa (13/3). Selain Sumpah kejujuran, Panitia dan pengawas UN 2011/2012 yang akan melaksanakan tugasnya efektif mulai pada 16 April 2012, juga menandatangani surat Pernyataan Pakta Integritas.
 
Sumpah dan  Penandatanganan Pakta Intergritas ini secara simbolis dilaksanakan di Aula Di Aula Dinas Pendidikan Gresik, Jalan Arif Rahman Hakim Gresik oleh Sekda Gresik, Mohammad Najib. Dalam pidatonya Sekda Gresik M. Najib,  tetelah mengambil Sumpah Kejujuran Para Panitia dan Pengawas UN,  mengatakan, Dari segi kwantitas lulusan kita setiap tahun semakin meningkat. Hal ini agar terus dipertahankan.
 
Sekda berharap agar Ujian Nasional tahun ini siswa Sekolah di Gresik bisa lulus 100% dan murni diperoleh oleh anak didik yang bersangkutan. Keinginan ini perlu ditopang oleh dedikasi dan kinerja kita semua. Namun demikian Kejujuran kita sangat diperlukan untuk membentuk karakter bangsa. .” Jangan membocorkan soal dan memberi jawaban kepada murid yang dijaga”, tambah Najib.  Sekda berharap agar para guru mempersiapkan diri para siswa secara keseluruhan, tak hanya dalam hal mata pelajaran namun jug phsycologi siswa agar lebih siap menghadapi UN.  
 
Ujian Nasional (UN) tingkat SMA, SMK dan MA diikuti oleh 12.956 dari 137 lembaga. Pelaksanaannya serentak dimulai pada, Senin, 16 – 19 April 2012. Mata pelajaran yang diujikan dalam UN antara lain, Bahasa Indonesia Bahasa Inggiris, Matematika,  dan Fisika, Kimia, Biologi (untuk kelas IPA). Ekonomi, Sosiologi, Geografi (untuk kelas IPS).  Bahasa Asing, Antropologi, Sastra Indonesia (untuk kelas Bahasa). Tafsir, Fikih, Hadis (untuk kelas keagamaan dan Madrasah Aliyah). Ujian Susulan dilaksanakan mulai 23 April 2012.
 
Ujian Nasional tingkat SMP dan MTs diikuti oleh 17.490 siswa. Pelaksanaannya mulai 23 – 26 April 2012 dengan 4 (empat) mata pelajaran masing masing Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Ujian Susulan untuk UN tingkat SMP dilaksanakan mulai 30 April 2012. Untuk Ujian Nasional SD/MI se Kabupaten Gresik diikuti oleh 20.967 siswa dari 786 lembaga. Pelaksanaannya mulai 7 – 9 Mei 2012 dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Pendidikan Agama Islam juga masuk mapel yang di UN kan.
 
Tentang Sumpah Kejujuran dan penandatanganan Surat Pernyataan Pakta Integritas, Kepala Dinas Wanda Metini Hiariej melalui kabag Humas Pemkab Gresik Andhy Hendro Wijaya mengatakan, “ada 3 Opsi pernyataan yang harus ditandatangani yaitu, Melaksanakan UN dengan Jujur dan Profesional, Mentaati peraturan perundangan dan siap disangsi bila melanggar. Selain itu, Pihak Dinas juga menyodorkan surat pernyataan untuk pengawas. Pernyataan dimaksud adalah melaksanakan tugas dengan aturan yang ditetapkan oleh perundang-undangan (sdm)

Rate this article!