Pelayanan Pesona Di Melirang Sejatinya Peken

kabargresik.com – Desa Melirang Kecamatan Bungah melakukan inovasi pelayanan baru berbentuk sistem Android “Pesona”, kamis (4/4/19)

Aplikasi layanan masyarakat ini mempermudah masyarakat mengurus surat menyurat hanya dalam waktu singkat. “ hanya kurang dari satu menit masyarakat bisa terlayani,” ujar Kepala Desa Melirang Muaffak usai menlaunching aplikasi tersebut.

Adapun prosesnya, Muaffak menjelaskan, bahwa masyarakat bisa datang ke Balai Desa dan disediakan mesin pencetak surat yang diperlukan atau masyarakat bisa langsung mengakses melalui Handphone Android dengan terlebih dahulu mengunduhnya.

“Dilayar aplikasi ini, masyarakat tinggal masukkan NIK-KTP beserta tanggal lahirnya kemudian memecet keperluannya apa, tidak sampai 1 menit suratnya bisa langsung tercetak. Setelah itu saya tinggal tanda tangani saja,”tambah Muaffak.

Pemerintah Desa tidak membuat aplikasi baru Namun memanfaatkan aplikasi yang sudah ada di playstore dengan nama Peken.

Aplikasi ini sebenarnya aplikasi untuk pembayaran secara online baik tagihan telepon maupun kredit yang lainnya namun di dalamnya juga dibekali dengan fitur terkait dengan pelayanan masyarakat di tingkat desa diantaranya aplikasi yang terhubung dengan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) dan beberapa aplikasi surat-surat yang dibutuhkan ke warga desa.

Aplikasi ini sendiri dibikin oleh PT Panca Mitra Teknosia yang beralamat di Surabaya, aplikasi ini baru dilaunching pada Januari 2019. Yang dilakukan pembaharuan pada 11 Februari 2019.

Di aplikasi tersebut, Ada 30 fitur layanan administrasi desa diantaranya terkait surat keterangan Kehilangan, surat keterangan miskin, surat keterangan lahir dan lain sebagainya,

Sementara itu, Wakil Bupati Gresik, M Qosim yang turut hadir dalam acara tersbebut, mengapresiasi langkah Pemdes Melirang. Menurutnya Desa Melirang bisa menjadi proyek percontohan bagi Desa-Desa yang lain.

“Saya mengapresiasi langkah inovasi yang dilakukan Desa Melirang dalam hal untuk melayani masyarakat. ini betul betul akan saya sampaikan kepada camat dan kepala Desa yang lain agar Desa Melirang bisa dijadikan Desa percontohan,” Jelas Qosim kepada Wartawan. (Tik)