Peserta Kejurnas Renang Petrokimia Cup IX Alami Peningkatan

kabargresik.com _Kejuaraan Nasional (kejurnas) renang antar klub kembali di gelar oleh PT Petrokimia Gresik. Kejuaraan bertajuk Petrokimia Cup IX 2018 ini, berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu-Minggu (24-25 Februari 2018), di Kolam Renang Petrokimia Gresik.

Sebanyak 973 atlet dari 76 klub yang berasal dari berbagai daerah, ambil bagian dalam kejurnas yang telah memasuki edisi ke sembilan ini. Jumlah ini meningkat jika dibandingkan dengan kejuaraan yang sama pada ahun lalu yang hanya diikuti sebanyak 723 atlet dari 48 klub. Para peserta sendiri tak hanya bersal dari pulau Jawa saja, melainkan dari sejumlah provinsi di pulau Sumatra, Bali, Nisa Tenggara Barat, Kalimantan Hingga Sulawesi.

“Antusiasme terhadap Petrokimia Cup sangat menggembirakan, terlihat dari jumlah peserta yang terus meningkat setiap tahunnya. Semoga ajang ino bisa menjadibmedia pembuktian diri dan kesempatan bagi atlet untuk mengukir prestasi,” ujar Dwi Ary Purnomo selaku Pembika Klub Renang Petrokimia Gresik (KRPG).

Sementara itu, Direktur Utama PT Petrokimia Gresik, Nugroho Christijanto mengatakan, selain telah masuk sebagai agenda tahunan PRSI Jatim, kejurnas yang memperebutkan piala bergilir Petrokimia Cup ini, juga bertujuan untuk memberi gasilitas kejuaraan srkaligis pencarian bibit-bibit perenang untuk skala Nasional sehingga kedepannya bisa mendukung prestasi di tingkat Internasional.

“Ini juga ajang yang pas untuk mencari bakat-bakat perenang Nasional yang nantinya mungkin bisa mendukung pencapaian prestasi Internasional. Terbukti salah satu perenang yang mengikuti ajang ini kemarin sudah bisa berhasil di Sea Games. Semoga di event seperti ini kita bisa menemukan perenang seperti itu yang lebih banyak,” terang Nugroho Christijanto.

Sebagai tuan rumah kejuaraan, KRPG menerjunkan sebanyak 104 atlet. Dari jumlah tersebut, nama-nama seperti Nurul Fajar Fitriyati, Nanda Wahyu Jendro serta M. Alif Firmansyah masih menjadi andalan tuan rumah untuk bisa mempertahankan gelar sebagai juara umum.

“Saya hanya berusaha memperbaiki catatan waktu saja di nomor gaya punggung. Dan alhamdulillah tadi bisa finish dengan waktu 2.21,” ujar Nurul Fajar Fitriyati usai tampil sebagai juara dinomor 200 meter gaya pu ggung putri.

Dalam kejuaraan ini, sebanyak 7 gaya dipertandingkan untuk putra dan putri, yakni gaya bebas, gaya punggung, gaya dada, gaya kupu-kupu, gaya ganti perorangan, gaya ganti estafet gabungan serta gaya bebas estafet gabungan. (Efendi/tik).

banner 468x60
Tags: