PPI Campurejo Ramai, Banyak Pengusaha Perikanan Terpicut


Kabargresik.com – Aktivitas lelang ikan di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Campurejo Panceng Gresik semakin ramai, hal tersebut terbukti dari banyaknya kapal besar membawa ikan yang singgah di TPI tersebut. Tak ayal, beberapa pengusaha ikan turut menjadi mitra bisnis. 

Lokasi pendaratan ikan di Kecamatan Panceng tersebut semakin diminati pengusaha perikanan. PPI Campurejo diserbu pengusaha dari Kalimantan. Ada yang datang karena pertimbangan mitra bisnis di Gresik.

Dari data bulan Oktober, PPI Campurejo mencatat, terdapat 26 kapal besar yang singgah untuk memperjualbelikan hasil perikanan di dermaga ikan terbesar di kota pudak itu. 

Kepala PPI Campurejo Panceng Rofiq membenarkan jika geliat jual beli di PPI Campurejo meningkat. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya kapal besar yang singgah di dermaga pendaratan ikan yang ia pimpin. 

“Bulan ini saja ada 26 kepal besar yang rata rata dari luar pulau jawa. Mereka melelang ikannya disini, bahkan satu kapal bisa mencapai 20 ton atau berkisar antara 600 juta rupiah per kapal,” katanya Senin (30/10/2017) 

“Aktivitas lelang ikan di PPI relatif cukup ramai selama dua bulan terakhir ini karena banyak kapal besar pulang dari melaut dan diperjualbelikan disini,” Tambah Rofiq. 

Untuk menarik pengusaha perikanan, Rofiq mengaku tidak mudah. Bahkan, beberapa kali dirinya jemput bola ke pengusaha perikanan agar bisa menjadi mitra bisnis nelayan. 

Lebih lanjut Rofiq menambahkan bahwa PPI Campurejo sangat potensial menjadi dermaga pendaratan ikan tersebesar yang diminati pengusaha perikanan. Namun saja, Beberapa fasilitas yang belum ada membuat beberapa kapal berukuran 30 GT tidak bisa singgah di PPI tersebut. 

“Sementara yang singgah disini (PPI) adalah kapal yang di bawah 25 GT. Sebab memang fasilitas penampungan kapal atau dermaga belum bisa menampung kapal besar yang muatannya melebihi 30 GT,” jelas dia. (Akmal/k1)

>
Tags: