Saatnya Petani Tambak Bandeng Berpesta


‚ÄčKabargresik.com – Pasar bandeng di kabupaten Gresik merupakan tradisi yang dilakukan warga kota pudak dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Kegiatan tersebut dimanfaatkan petambak bandeng untuk unjuk kebolehan dengan memamerkan bandeng ukuran besar (Jumbo).

Seperti yang dilakukan Toyib (57) warga asli kelurahan Lumpur Gresik ini mulai memamerkan bandeng berukuran besar dalam kontes bandeng 2017 yang digelar Pemkab Gresik. Ia juga mengatakan akan ikut meramaikan kontes bandeng.

“Saya bawa tiga Bong (tempat penyimpanan ikan) besar, ada yang delapan kilo ada yang empat belas kilo bahkan lebih. Nanti kalau bisa, mau ikut lelang” katanya sembari memamerkan bandeng jumbo kepada kabargresik.com Kamis (22/06/2017)

Menurut rencana kegiatan kontes bandeng dilakukan mulai Kamis (22/06/2018) hingga lebaran tiba serta digelar mulai jalan Gubernur Suryo hingga Alun-alun Gresik.

Perlu diketahui, pasar bandeng ini sudah dilakukan bertahun-tahun yang diperingati menjelang lebaran. Selain sebagai tradisi, kegiatan pasar bandeng ini sebagai bentuk kepiawaian petani tambak dalam merawat bandeng.

“Selain sebagai tradisi yang sudah dilakukan turun-temurun. Pasar bandeng ini merupakan ajang petani tambak dalam kepiawaiannya merawat bandeng” lanjut Toyib.

Selain berderet petani tambak yang berjualan bandeng. Dalam pasar bandeng Gresik juga terdapat pedagang lain yang berjualan seperti penjual peralatan rumah tangga, makanan, pakaian, souvenir dan lain sebagainya. (Akmal/k1)