Samaun Ketua Baru HNSI Gresik

image

Kabargresik_ Nelayan Teladan Jawa Timur 2013, Sama’un (63) dilantik menjadi ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Gresik  masa bakti 2013 – 2018.
 
Pelantikan Ketua DPC HNSI Gresik oleh Ketua DPD HNSI Jawa Timur berlangsung di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Gresik Jalan Pahlawan Gresik, Selasa (18/2). Pada Pelantikan yang disaksikan oleh sekitar 200 orang Nelayan anggota HNSI Gresik ini dihadiri oleh Bupati Gresik, Dr. Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati Gresik, Drs. Mohammad Qosim, M.Si.
 
Dalam pidato sebelum pelantikan, Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto berharap agar kejayaan perikanan di Gresik bisa seperti tempo dulu. Menurut Bupati, pada jaman dahulu Nelayan dari berbagai daerah disekitar Gresik kalau belanja bibit ikan serta menjual hasil ikan itu ke Gresik.”Saya berharap kedepan kejayaan perikanan Gresik bisa seperti dulu. Kami sudah siapkan pembangunan pasar ikan seluas 3,2 hektar dekat terminal Bunder”katanya.
 
Sebagai kabupaten yang mempunyai pantai terpanjang di Jawa Timur yaitu 140 km dengan areal perikanan seluas 32 ribu hektar, maka harapan Gresik menjadi produsen ikan terbesar di Jawa Timur sangat beralasan. “Lihat saja wilayah Nelayan Gresik mulai dari Segoromadu, Karangkiring, Sidorukun, Kroman, Lumpur semuanya wilayah Kecamatan Gresik”. Katanya.
 
Bupati merinci lagi, beberapa wilayah Nelayan yaitu pantai sekitar Kecamatan Manyar, Mengare, Randuboto wilayah Bungah. Pangkahwetan, Pangkahkulon, Banyuurip, Ngimbo, Delegan dan Campurejo di Kecamatan Panceng. “Dengan dilantiknya pengurus DPC HNSI Gresik ini, maka kami selaku Pemerintah untuk bisa duduk bersama guna merundingkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Gresik agar anggota HNSI Gresik bisa lebih sejahtera”  
    
Tentang, Sama’un ketua DPC HNSI Gresik adalah Nelayan dari desa Pangkah Wetan. Selain sebagai Nelayan, bapak 2 anak yang pada 18 Januari 2014 terpilih sebagai Nelayan Teladan Jawa Timur juga aktif sebagai petani tambak. Saat ini Samaun sangat bangga dengan hasil kerja kerasnya, meski dia hanya tamatan Tsanawiyah (setingkat SMP) namun Samaun bisa menyekolahkan 2 anaknya sampai meraih gelar Sarjana Strata 1 dan Strata 2.
 
Pasaca dilantik Sama’un berjanji akan lebih intens bekerjasama dengan pemerintah untuk mensejahterakan anggota HNSI Gresik. “Atas kerjasama teman-teman Nelayan sehingga kami bisa seperti ini. Kami ingin semua Nelayan Gresik bisa lebih maju dan sejahtera. Untuk itu perlu banyak program untuk bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Gresik agar kesejahteraan Nelayan lebih meningkat”, katanya.  (sdm)

Editor: sutikhon

Rate this article!
Tags: