Sambut HUT RI Dengan Lomba Dayung

Perayaan hari kemerdekaan di sungai Kalimering Desa Manyar Sidorukun Kecamatan Manyar, Gresik jawa timur berbeda dengan perayaan di perkampungan pada umumnya. Di tempat ini, 54 perahu nelayan harus bertarung menguji kehebatan dalam mendayung.
Berbeda dengan kejurnas dayung yang biasanya terdiri dari belasan orang dalam 1 kelompok, kali ini hanya dengan 3 anggota pendayung saja untuk tiap kelompok. Meski demikian, jarak 350 meter dari garis start menuju finish, mampu di arungi para nelayan dengan rata-rata 3 sampai 5 menit saja.

Suasana perayaan 17 Agustus pun menjadi lebih menarik tatkala para nelayan justru saling sikut untuk mengalahkan lawannya, yang justru berbeda dengan keseharian mereka di tengah laut yang akrab dan bersahabat.

Meski hanya berhadiah alat-alat elektronik seperti televisi dan kipas angin, namun, para peserta cukup antusias mengikutinya. Apalagi, kegiatan ini juga sebagai salah satu kegiatan pembinaan olah raga dayung di mana, gresik telah mengirimkan dutanya pada even-even nasional maupun internasional.(b86/tik)

Rate this article!