SDN Tebalo Akan Dipugar Tentara AS

image

Kabargresik_ Agustus 2015 nanti, pihak Marinir TNI Angkatan Laut dan Marinir Amerika Serikat akan  memogar gedung SDN Tebalo Manyar. Hal ini disampaikan oleh Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono pada Jum’at (17/4/2015).

Keseriusan 2 Institusi kemiliteran beda negara ini ditunjukkan setelah kemarin melakukan survey secara detail di Gedung Sekolah Dasar Negeri Tebalo, Manyar Gresik dan berpamitan Kepada Bupati dan Wakil Bupati Gresik Sambari Qosim di Kantor Bupati. Mereka adalah Kapten Warren, Letnan Parada dan Sersan Wadden serta beberapa anggota Marinir TNI AL yang ikut mengantar.

Dalam keterangannya, Kapten Warren yang bertindak sebagai juru bicara dari 3 orang temannya anggota Marinir Amerika Serikat (US Navy) mengatakan, pihaknya serius membantu untuk merehab 6 (enam) kelas agar menjadi lebih baik, katanya. “Saat ini kami hanya melihat lihat (survei) selanjutnya akan dilaporkan ke atasan” ujarnya yang diterjemahkan oleh salah seorang anggota Marinir TNI AL. 

Pada kesempatan itu Bupati menyambut baik bantuan itu, dan berjanji pihak Pemkab Gresik akan ikut membantu agar tujuan Karya bakti TNI AL dan US Navy bisa berjalan lancar. “Kami harap sebelum pelaksanaan, agar persyaratan dokumen administrasi juga dilengkapi mengingat ini bantuan antar Negara. Hal ini agar koordinasi kami di ringkat Kabupaten maupun Provinsi bisa kami laksanakan dan tak menimbulkan kesalahan” tambah Bupati.

Wakil Bupati, Mohammad Qosim yang ikut mendampingi juga menambahkan, agar bantuan ini bisa lebih ditingkatkan pada program yang lain. ‘Kami siap menerima untuk kesejahteraan masyarakat Gresik yang lebih baik” ungkap Qosim.

Sebelumnya saat melakukan survey di SDN Tebalo yang diantar oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Gresik, Adik Mulya para anggota Marinir dari kedua negara ini mendapat sambutan yang luar biasa dari para murid dan guru. Mereka berebutan untuk saling berselfie ria. Demikian juga para anggota Marinir dari negeri paman sam tersebut.

Setelah meninjau gedung SDN Tebalo yang yang terletak ditepi tambak dan akan menjadi sasaran Karya bakti tersebut. Seketika Kapten Werren meminta untuk diantar ke toko bahan bangunan. Mereka memastikan bahan bangunan yang diinginkan tersedia. Rupanya mereka sangat paham kwalitas bahan bangunan. Beberapa bahan bangunan yang ada di toko di desa Dahan rejo tersebut dipegang dan diuji kekuatannya. Mulai dari bata merah, bata putih dan bata pabrikan.

Saat ditawari besi beton terbesar yang ada di toko tersebut, Werren justeru menanyakan besi beton berukir. “Saya butuh yang itu nanti” kata Werren yang diterjemahkan oleh Jubirnya. Pemilik toko menyatakan akan menyiapkan segala kebutuhan para Marinir AS untuk pembangunan SDN Tebalo. Atas tersedianya bahan bangunan yang dekat di sekitar lokasi, Anggota Marinir TNI AL Zainal menyatakan setuju. “Mengingat sebelumnya mereka akan membawa dari luar yang dalam list pricenya ternyata lebih mahal” katanya.

Tentang Karya Bakti yang diawali pada Bulan Agustus tahun ini, Zainal mengungungkapkan rencana kerjanya. “Mulanya kami enam puluh anggota Marinir TNI AL akan memulai pekerjaan pada 2 minggu sebelumnya. Selanjutnya sebanyak 15 anggota Marinir dari AS menyusul untuk bersama-sama melaksanakan pekerjaan pembangunan tersebut” ungkap Zainal. (sdm)     

Editor: Sutikhon

Rate this article!
Tags: