Spekulan Tanah Pelabuhan Gentayangan, Sambari Warning Kades

Gresik  menyiapkan pembangunan pelabuhan skala International sebagai antisipasi luberan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Selain telah menyiapkan lahan untuk pembangunan dermaga disepanjang pantai yang membentang antara wilayah Kecamatan Gresik sampai kecamatan Panceng. Bupati Gresik juga telah mengkoordinasikan dengan para Kepala Desa di sepanjang areal itu untuk tidak menjual tanahnya kepada spekulan. Hal inilah yang disampaikan oleh Bupati Gresik, Dr. Sambari Halim Radianto kepada tim dari Kementerian Perindustrian yang berkunjung ke Gresik, Selasa (15/5).

banner 468x60

Di Ruang Rapat PT Polowijo Gosari, Bupati Gresik memaparkan beberapa keunggulan sepanjang pantai wilayah Utara ini. Selain ombaknya tidak terlalu besar, kedalaman pantai ini juga sangat memungkinkan untuk dibangun pelabuhan. Apalagi akses jalan yang memadai. “Untuk calon lahan di wilayah Manyar seluas 550 hektar tersebut hanya berjarak 1.200 meter dari pintu Tol Manyar” kata Sambari dihadapan Dirjen Perencanaan dan Pengembangan Industri, Kementerian Perindustrian Dedy Mulyadi .

Masih kata Sambari, Kami menjamin harga tanah di area bakal calon Pelabuhan ini tidak akan fluktuatif. Keyakinan Bupati ini didasari atas kesepakatan Bupati bersama para Kepala Desa. Juga beberapa kebijakan yang telah dikeluarkan Bupati agar para spekulan tanah tidak ikut bermain diwilayah bakal lahan pelabuhan tersebut. “kami ingin investor yang real, makanya kalo ada investor masuk saya akan selektif betul dalam memberikan ijin”kata Bupati meyakinkan kepada peserta rombongan.

Pada kunjungan kali ini, Tim dari Kementerian Perindustrian  RI ini juga membawa beberapa orang. Selain Dirjen Perencanaan dan Pengembangan Industri, Kementerian Perindustrian Dedy Mulyadi. Ikut juga Wim Tangkilisan dari Bappenas. Dirut PT KEIC Wilayah III Sigit serta beberapa stakeholder yang lain yang berkepentingan dalam pelaksanaan pembangunan pelabuhan di Kawasan Gresik ini.

Setelah menyampaikan paparan, Sambari juga mengajak rombongan Kementerian Perindustrian tersebut mengunjungi beberapa areal lahan Pelabuhan.
Penulis: Sadiman
Editor: Akmal
Powered by Telkomsel BlackBerry®