Waspada Saat Beli Hewan Qurban Awas Antrax


‚ÄčKabargresik.com – Meskipun hari raya Idul Adha masih dua pekan lagi, Penyakit yang biasa menjangkit hewan perlu diwaspadai, sehingga kesehatan hewan yang akan dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha terjamin kesehatannya. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gresik, Agus Djoko Waluyo mengatakan masyarakat harus bisa memilih hewan kurban secara sehat dan tidak terjangkit penyakit yang biasa terjadi pada hewan.  

Masyarakat atau pembeli harus mengetahui ciri-ciri hewan ternak yang terserang penyakit. Jenis penyakit yang sering menyerang hewan ternak sapi diantaranya penyakit Anthrax dan cacing pita. 

“Penyakit Antrax dan Cacing pita biasanya yang sering terjangkit pada hewan” kata Agus melalui aplikasi pesan singkat Whatsapp. Senin (21/08)

Penyakit anthrax paling berbahaya sebab bisa menular ke manusia. Adapun ciri-ciri sapi yang terkena Antrax, pada bagian leher sapi terlihat bengkak. Sedang pada bagian anus sapi, terdapat luka dan mengeluarkan darah.

Untuk memastikan kesehatan hewan kurban, Agus menyatakan, pihaknya sudah melakukan pemantauan hewan kurban secara berkala untuk memastikan hewan kurban yang dijual di kota pudak sehat dan tidak terjangkit penyakit berbahaya. 

“Sejak tanggal 14 sampai 31 Agustus petugas dari bidang peternakan kita sudah sidak dan memeriksa hewan kurban” jelasnya. 

Adapun ciri-ciri hewan yang sehat atau layak untuk dijadikan kurban adalah hewan yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut seperti Hewan Jantan, Sapi umur 2 – 3 tahun, Kambing 1 tahun, Badan sehat proporsional, Tidak cacat, Jumlah testis dua, Hidung basah (tidak berair), Anus/lubang kumlah bersih. (Akmal/k2)

Tags: