RS Tak Berizin Digrebeg Polisi

Polres Gresik berhasil mengungkap praktik Rumah Sakit ilegal di Jalan Raya Desa Tebuwung, kecamatan Dukun Gresik.

Dugaan praktik elegal rumah sakit ini berawal dari seorang pasien yang mengeluh sakit ambieyen yang dirawat di rumah sakit As Syifa’ Tebuwung Dukun, Pasien yang bernama Aslikan (50) warga desa Belimbing kecamatan Paciran Lamongan ini dioperasi oleh dokter David diruang bedah, selang beberapa saat Polisi menggrebeknya karena diduga rumah sakit As Syifa’ tidak mengantongi izin dari dinas kesehatan Pemkab Gresik.

Disamping mengamankan sejumlah barang bukti berupa obat-obatan, serta jarum suntik bekas, polisi juga mengamankan lima orang, satu di antaranya adalah dokter.

Kelima tersangka di antaranya, Moh Chambali yang diduga sebagai pemilik, dr David Saputra, dokter baru yang belum punya izin praktik, Karyawanto petugas lab, Muhaimin sebagai cleaning service, dan Erik Efendo sebagai perawat.

Kapolres Gresik, AKBP Rinto Djatmono saat dikonfirmasi membenarkan penggrebekan rumah sakit illegal ini. “Saat digeledah, ada dokter yang melakukan operasi. Padahal dokter itu belum mengantongi izin praktik. RS juga belum ada izinnya,” kata Rinto saat di TKP.

Tersangka dijerat dengan pasal 78 UU RI no 29 tahun 2004 tentang kedokteran dan pasal 82 ayat (1) a dan d tentang kesehatan. Ancaman hukuman 5 tahun dan denda Rp 150 juta.(tikon)

About Editor02

Check Also

Banjir Dan RS Gresik Selatan Masuk Nawakarsa NIAT

Paslon Cabup dan Cawabup Gresik, Fandi Akhmad Yani – Aminatun Habibah (Niat) menegaskan, penanganan banjir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *