Kemenag MoU Dengan BKPM Agar Lulusan Pesantren Diterima Disektor Industri

image
Kepala BKPM Franky Sibarani memberikan sambutan saat MoU dengan Kemenag di Ponpes Qomaruddin Bungah Gresik. (Tikon/ kabargresik.com)

Kabargresik_ Nota kesepahaman kerjasama  kementrian Agama RI dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKBM) diteken di pondok pesantren Qomaruddin Bungah Gresik, Minggu (23/8).

Mentri Agama RI Lukman Hakim Syaifuddin dalam sambutannya mengatakan industrialisasi bisa mengancam keberagamaan kalau tidak diantisipasi lebih dini, untuk itu diperlukan adanya kerjasama lembaga keagamaan dengan industri.

“Kita membuka pintu sebesar -besarnya untuk bekerjasama dengan pihak industri, sehingga sumberdaya di pesantren bisa diserap di sektor industri dan kami di kementrian sudah menyiapkan lebih awal,” ujar Lukman usai memberikan sambutannya.

Sementara itu Kepala BKBM, Franky Sibarani menyambut baik adanya kerjasama tersebut.

“Kami menyambut baik adanya kerjasama ini, sehingga potensi lokal bisa menggerakkan ekonomi nasional, ” tegas Franky.

Senentara itu, Mentri Koordinator Perkonomian Darmin Nasution mengaku akan mendorong terciptanya sinergitas antara pelaku industri dengan pesantren dan sekolah Islam.

“Nanti akan ada penguatan sumberdaya manusia dilingkungan pesantren sehingga mampu menjawab tantangan dunia kerja di sektor industri,” ujar Darmin.

Kemenag sendiri tahun ini menyiapkan anggaran untuk seribu lulusan pesantren untuk diberikan dana per lulusan sebesar 2,5 juta yang akan digunakan untuk peningkatan SDM.

Sebelumnya, Kemenag, Kepala BKPM dan Menko Perekonomian mengunjungi pelabuhan kali mereng yang akan dijadikan kawasan terintegrasi dengan nama Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE).

Pemerintah terus mendorong infrastruktur dasar untuk daya saing global seperti dibangunnya  (JIIPE) di Manyar Gresik. (Tik)

Editor : sutikhon

About Editor02

Check Also

Gula Merah Dan Ikan Kerapu Bawean Mulai Diekspor

Produk Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) asal Pulau Bawean mulai diekspor ke sejumlah mancanegara. …

One comment

  1. Hebat…daerah bunga di datangi pejabat mentri…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *