Baju Daur Ulang Warnai Jambore UKS Gresik

rps20161020_141112_648.jpg

Daun Ulang sampah sudah menjadi Gaya Hidup, seperti terlihat saat Jambore UKS Gresik 2016

Kabargresik.com – Seperti pada umumnya sampah plastik dibuang begitu saja karena dianggap tidak bernilai. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena di Gresik sampah yang dianggap tidak bernilai itu disulap menjadi busana fashion yang bernilai seni.

Sebagai bagian dari kepedulian terhadap lingkungan yang bersih, Jambore UKS yang dilaksanakan di Wahana Ekpresi Poesponegoro, menampilkan Fashion Show dari bahan daur ulang. Kamis (20/10) Limbah daur ulang dipilih sebagai bahan dasar fashion karena selama ini tak banyak masyarakat yang memahami cara memanfaatkan sampah. Padahal dengan sentuhan seni, ternyata sampah bisa menjadi produk baru yang memiliki nilai lebih.

Seperti gadis cantik dari SD 1 Muhammadiyah Gresik, bak seperti Putri Indonesia, ia berjalan menyapa sambil melambaikan tangan, sesekali raut senyum ditujukan ke peserta dan penonton Fashion Show itu. Nurma Devi Novitasari yang juga pelajar kelas 3 SD 1 Muhhamadiyah itu sangat percaya diri kalau Fashion yang dikenakan akan menang dalam penampilan.

Melalui gelaran yang jambore UKS itu busana yang dikenakan oleh Nurma didominasi dari bahan-bahan palstik yang sengaja tidak dipakai atau dibuang, seperti bungkus dari minuman, botol, bungkus teh, dan dedaunan hijau sebagai penghias kepala. Bahan-bahan itu sengaja dikumpulkan dari limbah daur ulang menjadi pakaian yang ready to use.

Seperti yang diungkapkan oleh Rina Dwi Astutik yang mendampingi Nurma dalam kontes Fashion Show di Jambore UKS itu. Ia sangat apresiatif dalam kegiatan ini. Selain bertajuk pada lingkungan acara ini juga mengolah kreatifitas daripada peserta itu sendiri. “acaranya sangat bagus, melatih siswa-siswi  mengerti untuk melindungi lingkungan. Apalagi di gresik banyak pabrik polusi udara yang tidak sehat jika dihirup oleh anak-anak kita, dan juga banyak sampah-sampah yang tidak didaur ulang, makanya acara seperti ini sangat bermanfaat,” katanya menjelaskan.

Seperti diketahui acara jambore UKS ini berlangsung selama dua hari, banyak pelajar yang atusias dalam ajang lomba tersebut. Peserta lomba dan pameran yang tampak dalam pembukaan tersebut  diantaranya  SDN Karang Cangkringan, SMPN 2 Balong Panggang, SLTA N 1 Gresik, SD Muhammadiyah GKB 2, SLB Negeri Cerme, SLTP N 1 Benjeng  juga SD MU Exhibition.

Tema kegiatan Jambore UKS/M tahun ini adalah, melalui Jambore UKS/M Kita Kembangkan dan Mantapkan Program UKS, guna Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Derajat Kesehatan Didik. Demikian disampaikan Ketua Panitia, Farida.(Aam/k1)

About Editor02

Check Also

60 Relawan Pemulasaran Jenazah Mulai Bertugas

60 relawan pemulasaran jenazah yang sudah mendapatkan pelatihan dilepas untuk ditempatkan di enam rumah sakit …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *