Olimpiade Wadah Embinaan Siswa

Melalui Guru dan Kepala sekolah, Pemkab Gresik memberikan fasilitasi dan Pembinaan siswa melalui Olimpiade Sains, olahraga dan Seni.

Kegiatan yang diikuti oleh seribu orang guru dan Kepala Sekolah Dasar (SD) serta Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Gresik ini berlangsung pada Selasa (16/1/2018) di Gedung Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) I.

Wakil Bupati Gresik Dr. Mohammad Qosim yang membuka sekaligus memberikan pembinaan pada para pendidik tersebut mengajak para guru untuk bekerja keras mensuskseskan program pemerintah dalam memajukan dunia Pendidikan melalui keteladanan.

“Esensi kegiatan kali ini yaitu menggali potensi dan meraih mimpi. Kita dituntut untuk berperan aktif memajukan mutu dan kualitas Pendidikan. Berbagai kegiatan kita ajarkan dan kita motivasikan kepada pada murid, untuk lebih menguatkan Pendidikan karakter. Misalnya kegiatan kesiswaan baik itu olimpiade sains, seni maupun kegiatan olahraga” Tandas Qosim yang juga mantan pendidik itu.

Qosim mengingatkan bahwa guru adalah sosok utama dalam satuan Pendidikan. Hal ini sesuai implementasi Peraturan Presiden nomer 87 tahun 2017 tentang penguatan Pendidikan karakter.

“Guru memiliki tanggung jawab membentuk karakter murid melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah piker dan olah raga. Kita harus menyiapkan anak-anak kita. Saat ini mereka yang masih duduk di bangku SD dan SMP pada 27 tahun mendatang mereka akan berkontribusi pada jaman. Jangan sampai karena kesalahan kita, mereka tidak siap dan akan menjadi bencana” papar Wabup.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik Mahin kepada Kepala Bagian Humas Suyono mengatakan, saat ini jumlah siswa SD se Kabupaten Gresik mencapai 76.273 siswa pada 448 lembaga. Sedangkan siswa SMP mencapai 12.373 pada 71 lembaga.

“Pemerintah dalam hal ini pihak Kementerian Pendidikan maupun Dinas Pendidikan sudah menyiapkan wadah untuk menyalurkan ekspresi para murid. Mereka bisa menyalurkan pada bidang akademik, penulisan, seni maupun olahraga melalui kegiatan kesiswaan olimpiade sains nasional (OSN), olimpiade olahraga siswa nasional (O2SN), Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR), Festival dan lomba seni siswa nasional (FLS2N)” tambah Mahin.

Selain Wabup Qosim, pada kegiatan fasilitasi dan Pembinaan siswa melalui Olimpiade Sains, olahraga dan Seni ini. Pemkab Gresik juga menghadirkan Dr Umi Dayati MPd. Motivator perempuan yang juga ahli parenting banyak memberikan pemahaman tentang Pendidikan karakter pada anak. (Tik)

About Editor02

Check Also

Photo Wood Karya Santri Diminati Millenial

Bakat dan kreatifitas seeorang merupakan Anugerah Dari Alloh Swt yang harus dikembangkan dan di asah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *