Cegah COVID-19 Rame-Rame Karantina Desa

Banyak Desa di Gresik hari ini melakukan karantina desa untuk mencegah penularan COVID-19. beberapa desa di Sidayu malah melakukan karantina dengan ketat. seperti dalam pantauan kabargresik.com didesa Raci tengah, Kauman dan Srowo.

Didesa Raci tengah Sidayu Karantina desa sudah dimulai Ahad (29/3). akses desa hanya satu pintu sehingga keluar masuk warga dan pandatang bisa dikontrol. didepan pintu masuk desa juga disediakan air dan sabun cuci tangan.

Beda lagi dengan desa Srowo, karantina desa ini berlaku Senin 30 Maret 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.
kepala desa Srowo Moh Anam mengatakan pihak desa akan selalu melakukan evaluasi terkait karantina desa ini.
“Kita evaluasi terus, baik pelaksanaan maupun efektifitasnya. kalau kurang bagus kita akan selalu perbaharui sistemnya. kita terbuka. ini semua untuk melindungi warga.” Ujar Anam.

Dalam karantina desa Srowo diperlakukan penjagaan selama 24 jam dengan dibagi dalam 3 sift. masing-masin pintu masuk desa terdapat 3 petugas.
Para petugas ini bertugas untuk melakukan pendataan bagi warga luar desa atas keperluannya di Desa Srowo. Petugas desa yang terdiri dari Parangkat desa dan relawan ini juga bertugas melakukan pengecekan suhu tubuh bagi warga pendatang dengan Termo Gun serta mengawasi setiap orang luar desa wajib melakukan cuci tangan sebelum masuk desa. Alat cuci tangan dan termo gun disediakan desa di pintu masuk desa.

Srowo menjadi desa yang banyak keluar masuk penduduk luar desa karena desa ini menjadi sentra industri krupuk ikan. (tik)

About Editor02

Check Also

Banjir Dan RS Gresik Selatan Masuk Nawakarsa NIAT

Paslon Cabup dan Cawabup Gresik, Fandi Akhmad Yani – Aminatun Habibah (Niat) menegaskan, penanganan banjir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *