Covid Swap Booth Bantuan USAID Mampu Mengurangi Limbah Medis Dan Keamanan Petugas Medis

RS PKU Muhammadiyah Sekapuk Gresik Jawa timur mendapat Bantuan dari MPKU dalam program Mentari Covid bekerja sama dengan USAID memberikan bantuan berupa 1 unit Covid Swab Booth, Perlengkapan APD dan VTM.

Penyerahan secara simbolis bantuan untuk program Mentari Covid secara nasional diserahkan ke RS PKU Muhammadiyah Gamping  Yogyakarta oleh Direktur USAID Indonesia, Ryan Washburn secara daring, Kamis (22/10/2020).

Dengan batuan  Covid Swab Booth  diharapkan memberikan kemudahan dan  keamanan kepada petugas Laboratorium saat pengambilan  Swab test kepada pasien maupun petugas. 

“Dokter dan perawat harus dilindungi dalam menjalankan tugas, karena di Indonesia sudah ada 130 dokter dan 92 perawat yang meninggal akibat Covid” ujar Ryan saat sambutan.

Di acara yang sama, Ketua PP Muhammadiyah, dr  Agus Taufiqurrahman dalam sambutannya mengatakan Muhammadiyah terus menjaga komitmen di barisan yang terus mengikhtiarkan penanganan pandemi covid.

“Bagi Muhammadiyah peran jihad kemanusiaan ini merupakan peran Muhammadiyah untuk menjaga kedaulatan negara ini.” terang Agus.

Sementara itu program manager Mentari Covid 19 MPKU dr Jack Pradono berharap usai program yang akan berakhir pada Desember 2020, rumah sakit yang mengikuti program mampu meningkatkan pelayanan.

“dari 89 rumah sakit Muhammadiyah Aisyiah ada 30 RS yang mengikuti program dan diharapkan mempu meningkatkan pelayanan terutama terkait Covid 19” pinta Jack Pradono.

Sementara itu, direktur PKU Muhammadiyah Sekapuk Gresik dr Umi Julaikah selaku penerima bantuan mengaku Covid Swab Booth mampu meningkatkan efisiensi pengujian serta kenyamanan sambil menjaga keamanan petugas dan pasien.

“Dengan hanya membutuhkan sedikit alat pelindung, bilik itu juga menghemat waktu, mengurangi limbah alat medis dan membantu meningkatkan kebutuhan akan kekurangan alat medis” ujar Umi.

Saat ini PKU Muhammadiyah Sekapuk Gresik merawat 3 Pasien Positif Covid 19.

Sementara itu sejak Rumah sakit ini dijadikan satu diantara rumah sakit rujukan pada bulan Maret hingga 30 September 2020  sudah menangani   254 pasien Covid 19. 

Hadir juga dalam acara penyerahan secara daring tersebut dari Pelayanan Gawat Darurat Kementrian Kesehatan,
Astra Hasan,  (tik)

About Editor02

Check Also

RS Eka Husada Menganti Diresmikan

Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto saat meresmikan Rumah Sakit Eka Husada Gresik pada Kamis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *