Prupuh Juara Lingkungan Sehat Propinsi

Sukses menjadi yang terbaik, Desa Prupuh Kecamatan Panceng pada ajang lomba lingkungan bersih dan sehat (LBS) tingkat Provinsi Jawa Timur. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik Maria Ulfa Sambari Halim Radianto menerima penghargaan.

Thropy dan Penghargaan terbaik sebagai juara I diterimakan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak kepada Isteri Bupati Gresik ini di ruang rapat Binaloka Adhikara Kantor Gubernur Jawa Timur di Surabaya.

Dalam keterangannya Maria Ulfa Sambari menyampaikan terima kasih kepada segenap warga masyarakat Prupuh Panceng atas kerja keras dan koordinasinya sehingga Desa Prupuh menjadi yang terbaik di Jawa Timur.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Gresik yang telah memberi semangat dan tak henti hentinya berdoa sehingga Gresik menjadi yang terbaik. Kami masih memohon doa dan kerja kerasnya agar selanjutnya, Desa Prupuh Panceng dapat menjadi juara nasional” pinta Maeia Ulfa.

Permintaan dari isteri orang nomer satu di Gresik ini sangat beralasan. Pasalnya Desa Prupuh Panceng yang kali ini meraih juara I ini bakal mewakili Jawa Timur pada Lomba LBS tingkat Nasional.

“Kita harus bekerja lebih baik lagi untuk meraih juara terbaik Nasional mengingat, saingan kita tidak lagi daru wilayah Jawa Timur tapi para Juara Propinsi se Indonesia” tandas Maria Ulfa memberi semangat kepada Kepala Desa Panceng dan Isterinya yang ikut dalam menerima penghargaan.

Mulanya, Desa Prupuh Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik merupakan nominator dalam ajang lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBKP-Kesehatan tahun 2020 untuk kategori Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat Propinsi Jawa Timur.

Pada penilaian yang dilaksanakan pada awal Januari 2020 dulu, Pemkab Gresik dan TP PKK Kabupaten Gresik ikut mendampingi dalam penilaian oleh pihak Provinsi.

“Saat itu belum ada protocol kesehatan. Pada penilaian tingkat Nasional nanti, tentu ada penilaian khusus tentang pelaksanaan protocol Kesehatan. Makanya mulai saat ini, persiapan itu harus lebih dimatangkan termasuk mengedepankan protocol Kesehatan” urainya.

Beberapa keunggulan desa prupuh pada penilaian lomba LBS tingkat Jawa Timur dulu yaitu inovasi program biopori dan pemanfaatan limbah industry kayu, pembuatan jamur yang memanfaatkan limbah serbuk kayu sebagai media tanam.

“Ternyata Pembuatan jamur ini bisa memberikan lapangan kerja pada masyarakat setempat. Sehingga ada peningkatan pendapatan masyarakat yang akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat”. Ujar Maria Ulfa Sambari

Menurutnya, Desa Prupuh ini dulunya desa yang kesulitan air. Sejak tahun 2013 Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) Desa setempat mengelola sumber air tadah hujan ‘Duyung’ maka seluruh masyarakat Desa Prupuh bisa menikmati sumber air tersebut.



“Untuk melestarikan sumber air, warga setempat membuat program biopori. Di sini setiap rumah wajip membuat minimal satu biopori. Biopori ini juga dimanfaatkan untuk komposting sampah dan juga sebagai arena pembelajaran bagi anak sekolah disekitar Desa” katanya.

About Editor02

Check Also

Terlambat Hadir Saat Disumpah 5 PNS Ini SK-nya Ditangguhkan

Mestinya hari ini 117 PNS diambil sumpahnya oleh Bupati Gresik, namun 5 orang PNS terlambat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *