Bupati Himbau Camat Lebih Care Dengan Koperasi

#

Kabargresik_ Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto berharap agar Kabupaten Gresik bisa menjadi Kabupaten penggerak koperasi. Untuk itu kami berharap agar Camat, Lurah dan Kepala Desa mau membina koperasi yang ada di wilayahnya. Harapan Bupati ini disampaikan saat memberikan sambutan pada resepsi peringatan Hari Koperasi ke 67 yang berlangsung di Pendopo Bupati Gresik, Rabu (18/6).
 
Pada kesempatan itu, Bupati menyoroti adanya beberapa koperasi di Gresik yang beberapa saat belakangan ini tidak aktif. “Dari 1.175 koperasi yang ada di Gresik, hanya 978 atau 83% koperasi yang beraktifitas. 17% diantaranya atau 197 koperasi tidak aktif lagi”. Untuk itu Bupati mengajak semua yang hadir agar aktif bekerja sama memajukan koperasi di wilayahnya. “Kami ingin Gresik bisa meraih Kabupaten penggerak koperasi seperti tahun 2011 lalu” tambahnya.
 
Harapan ini terutama kepada pada kepala wilayah diantaranya Camat, Lurah, dan Kepala Desa.  “Bahkan termasuk diri saya sendiri, akan lebih aktif lagi dalam pembinaan koperasi ini” ujar Bupati serius. Keseriusan Bupati ini karena lebih dari 10% penduduk Gresik adalah anggota koperasi. “Ada 128.106 anggota koperasi di Gresik. Besarnya jumlah anggota koperasi di Gresik ini maka kami menganggap Koperasi adalah soko guru perekonomian bagi masyarakat Gresik” tambahnya.
 
Pada resepsi peringatan Hari Koperasi ke 67 ini tampak dihadiri oleh Wakil Bupati Gresik, Drs. Mohammad Qosim, M.Si, segenap Muspida Gresik dan ketua dan pengurus Dekopin Gresik serta para ketua dan pengurus Koperasi yang ada di Kabupaten Gresik. Berbagai suguhan atraksi diperagakan serta pemberian penghargaan dan hadiah kepada insan koperasi berprestasi.
 
Penghargaan Koperasi berprestasi Kabupaten Gresik tahun 2014 masing-masing, KPRI diraih oleh KPRI Makmur Kemenag Gresik. Koperasi wanita (Kopwan) diraih Kopwan Bunga Desa Benjeng. Koperasi Karyawan (Kopkar) diraih Kopkar Usaha Sejahtera Bersama (Gresik), serta Koperasi simpan pinjam (KSP) diraih Surya Pratama Makmur (Menganti).
 
Menurut Kepala  Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gresik. Ir Najikh, selain pemberian penghargaan kepada insan koperasi berprestasi, pada kesempatan itu pihaknya juga menyerahkan beberapa bantuan. Bantuan tersebut antara lain 5 (lima) gerobak PKL, kotak pendingin, mesin molen krupuk. Bantuan hibah bantuan keuangan dari APBD Gresik diberikan kepada beberapa koperasi dan kelompok usaha bersama yang ada di Gresik. (sdm)   

Editor: zumrotus

About Editor02

Check Also

KLB PMK Pemda Gresik Bisa Apa: Kapasitas Hewan Qurban Peternak lokal Tidak Mencukupi

# Pemerintah kabupaten Gresik tidak mampu menyediakan hewan qurban hanya dari peternak lokal, karena kebutuhan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.