Ica Siap Beradu Hitung Diajang Nasional

#

William Aburisal Onesis, siswa kelas VI Sekolah Dasar Semen Gresik yang biasa dipanggil Ica pada hari-hari belakangan ini selalu nampak sibuk belajar. Selain untuk menghadapi ujian akhir, Ica juga belajar sebagai persiapan berlaga di Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) tingkat Nasional tahun 2013 yang berlangsung di Bogor pada 21 April 2013 mendatang.

Keseharian Ica yang sejak masih bayi tinggal dan diasuh Yahman dan Talipah kakek neneknya ini tampak biasa-biasa saja. Bocah berkacamata yang tinggal di Jalan Veteran Vc/3 Gresik ini seakan tak memperlihatkan kesan istimewa. Bahkan menurut Indah Rahmawati wali kelasnya, Ica terkesan pendiam dan minder di sekolah, bahkan kalau berbicara sangat pelan. Namun karena Ica anak yang pandai, maka bak maghnet hampir seluruh teman-temannya mendekat dan mengakrabi Ica. “Ica tidak pelit membagi ilmu pada teman-temannnya. Bahkan Ica selalu mengajari teman-temannya yang kesulitan belajar, terutama pelajaran matematika” ujar Indah Rahmawati.
Kelebihan bocah 12 tahun pada mata pelajaran matematika ini bukan tanpa sebab. Selain rajin mengerjakan soal, Ica selalu mengkomunikasikan matematika kepada tantenya yang sarjana matematika Unair. “Sejak kelas enam terlihat sekali perubahan Ica dalam hal belajar. Hampir tiap hari ada saja soal matematika yang ditanyakan. Pokoknya selepas sholat Subuh setiap hari, Ica mulai mengotak-atik soal Matematika”, hal ini diakui oleh tantenya Intang Febriardani .
Tentang prestasi Ica, Kepala Sekolah SD Semen Gresik Diyah Irianti menyatakan bangga pada muridnya yang terkenal pendiam ini. Sejak kelas empat, Ica sudah mengukir Prestasi yaitu tahun 2011 dia memenangkan Lomba Sempoa di Surabaya. Tahun 2012 keluar sebagai juara I olimpiade Metematika tingkat Kecamatan Kebomas. Tentang keikut sertaan Ica pada Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) tingkat Nasional, DiyahIrianti menyatakan,”Selain Juara Matematika tingkat Kecamatan Kebomas, Ica mempunyai  kekuatan dalam Pelajaran matematika terutama soal yang bersifat penalaran”.
Menanggapi tentang prestasi Ica, Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kebomas, Nuryadi menyatakan bangga. Kebanggaan Nuryadi karena selain William Aburisal Onesis (Ica) ada seorang siswa yang lain dari Kecamatan Kebomas ikut pada Kompetisi serupa yaitu Matematika Nalaria Realistik (KMNR) tingkat Nasional 2013. Dia adalah Muhammad Razan Athallah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Gresik.

Saat ini pihak UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kebomas tengah mempersiapkan menjelang keberangkatan dua anak ini untuk bisa meraih juara.”Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan Gresik dan sudah mempersiapkan guru pembimbing khusus. Hal ini kami lakukan mengingat nanti mereka akan berlaga dengan siswa-siswa terbaik lainnya dari seluruh Indonesia”. Katanya.  (sdm)

editor: Tutus

About Editor02

Check Also

Ini Alasan DPUTR Tidak Bayar Air Giri Tirta Selama 6 Bulan

Gudang  Unit Reaksi Cepat (URC) Bima DPUTR Gresik, di Jalan Dr. Wahidin Kebomas tak dialiri air dari Perumda Giri Tirta, pasalnya menunggak tagihan air selama 6 bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.