Kader Posyandu Sosialisasikan Senam Cuci Tangan

#

kabargresik.com_ Sekitar 20 kader posyandu  sebelum melakukan aktifitas rutin (melayani/memantau kesehatan anak-anak) mereka melakukan senam terlebih dahulu. Senam yang dilakukan sesuai dengan aktifitasnya yaitu senam cuci tangan pakai sabun.
Putar-putar jempol, putar-putar ujung jari dan putar-putar semuanya itulah sebait syair lagu senam cuci tangan pakai sabun yang di peragakan ibu-ibu kader balita kelurahan Gending. Walaupun semua kader posyandu rata-rata sudah memasuki lanjut usia/lansia, namun semangat mereka untuk memperagakan senam tersebut tak kalah dengan yang masih muda.
Mereka dengan melenggak-lenggok menebar senyum kesana-kemari serta memutar-mutar jempol di telapak tangan sambil bernyanyi putar-putar jempol, putar-putar ujung jari, semangat yang luar biasa menjadikan  lupa kalau  mereka sudah memasuki usia 50 tahun keatas. Ternyata rata-rata ibu-ibu itu sudah memiliki cucu.
Ibu Anifa yang sudah memiliki 2 cucu ini tetap semangat membawakan senam cuci tangan pakai sabun, dengan keringat  yang bercucuran ibu dua anak ini menjelaskan, “kahadiran senam cuci tangan ini memberikan semangat dan kebahagian tersendiri bagi ibu-ibu lansia kader balita selain mampu menyehatkan badan juga menambah Ilmu baru khususnya senam lansia.” ujarnya.
Senam ini rencananya di peragakan setiap ada pertemuan Kader Balita, atau setiap hari jum’at. Bahkan setiap hari sebelum makan, memasak atau sesudah memasak di sarankan untuk memperagakan senam cuci tangan, tapi hanya tanganya saja yang gerak.
Di jelaskan pula senam ini cocok sekali dengan aktifitas kita sehari-hari, terlebih sebagai kader posnyadu. Dengan senam tersebut Sebagai ibu rumah tangga kita di ajari sebelum makan, sebelum masak dan sesudah masak harus cuci tangan dengan benar, sedang kita sebagai kader posyandu sebelum memeriksa balita tentu harus cuci tangan, ternyata cuci tangan yang benar adalah cuci tangan seperti yang telah kita peragakan bersama. Ilmu yang baru ini tentu akan kami tularkan kepada ibu-ibu atau nenek yang mengantar balitanya ke posnyadu atau kita sosialisasikan kepada masyarakat, bahkan kami juga siap  mensosialisasikan ke daerah lain. (rip)

editor : sutikhon

About Editor02

Check Also

Geger Lelaki Gresik ini Nikahi Kambing Dengan Cara Islam

# Ada -ada saja  Warga Kabupaten Gresik, seorang laki-laki menikah dengan se-ekor kambing.   Kehebohan ritual …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.