MTQ Kab Gresik Diawali Dengan Pawai Taarruf

kabargresik_ Pawai Ta’aruf sebagai tanda akan dilaksanakan Musyabaqoh Tilawatil Al-Qur’an (MTQ ) XXVI tingkat Kabupaten Gresik  berlangsung di Alun-alun Sidayu, Kamis  (19/6).
Peserta taaruf kali ini diikuti oleh 521 peserta (kafilah) MTQ dari 18 Kecamatan se Kabupaten Gresik. Sebagai peserta taaruf, mereka berada pada 110 kendaraan hias yang akan berpawai melintasi jalan-jalan disepanjang area di Kecamatan Sidayu, Dukun dan kecamatan Bungah. Berbagai iring-iringan kendaraan hias yang disediakan oleh berbagai Instansi, baik dari pihak Kecamatan, perwakilan sekolah maupun dari berbagai kalangan yang turut berpartisipasi, bahkan beberapa tarian budaya lokal Sidayu juga ditampilkan pada gelaran keagamaan yang dilaksanakan dua tahun sekali ini.
Dalam pidato yang disampaikan Bupati Sambari Halim Radianto saat membuka MTQ ini, ” MTQ ini agenda rutin Pemerintah Kabupaten Gresik setiap 2 tahun sekali. Sejak saya jadi Bupati, sudah 2 kali kami menyelenggarakan MTQ ini. Saat itu MTQ ke XXV berlangsung di Menganti. ” katanya. pelaksanaan MTQ ini diharapkan  bisa membentuk masyarakat berakhlakul karimah.
Wakil Bupati Gresik Drs. Mohammad Qosim, M.Si mengatakan, pelaksanaan MTQ di Sidayu ini adalah yang paling meriah. “Selain jumlah kendaraan hiasnya yang semakin banyak, peserta MTQ kali ini tampak lebih banyak dari MTQ sebelumnya. Kalau tahun lalu hanya diikuti oleh 465 peserta, kali ini ada 521 kafilah. Semoga semakin banyaknya kafilah yang ikut, akan menambah kwalitas kafilah yang nantinya akan mewakili Gresik dalam MTQ tingkat Jawa Timur ” katanya.   
Kemeriahan dan kegembiraan pawai taaruf  tak hanya milik kafilah peserta MTQ. Berbagai anggota masyarakat dan juga para supporter para kafilah dari berbagi kecamatan ikut larut pada kemeriaahan suasana. Mereka juga naik pada beberapa kendaraan hias. Bahkan dengan hadirnya para penggembira yang berpakaian unik lengkap dengan kendaraan hias ini ikut menambah kesemarakan suasana.
#

Walau sebelumnya diguyur hujan, namun warga masyarakat Sidayu, Dukun dan bungah yang dilalui kendaraan pawai begitu antusias.  Ada 7 cabang yaitu Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Musabaqoh Fatmil Qur’an, Musabaqoh Sarkhil QurKan, Musabaqoh Hifdhil Qur’an, Musabaqoh Tartil Qur’an, dan cabang lomba yang baru diadakan Musabaqoh Makalah Ilmiah Qur’an. (sdm)

berita foto terkait pelaksanaan MTQ XXVI di Sidayu bisa diakses di foto.satuspersen.com

editor: sutikhon

About Editor02

Check Also

KLB PMK Pemda Gresik Bisa Apa: Kapasitas Hewan Qurban Peternak lokal Tidak Mencukupi

# Pemerintah kabupaten Gresik tidak mampu menyediakan hewan qurban hanya dari peternak lokal, karena kebutuhan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.