Semen Indonesia Bangun Perusahaan IT

#

image

Kabargresik_ PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (Perseroan) yang terus berkembang memiliki potensi diberbagai sektor,  Salah satu pengembangan yang telah melewati berbagai kajian adalah industri information and communication technology (ICT).

Tim ICT Semen Indonesia Group memiliki reputasi yang sangat baik dalam penyediaan dan pengelolaan layanan ICT, baik bagi internal Semen Indonesia Group maupun bagi perusahaan di luar Semen Indonesia group, bahkan di luar negeri. Tim ICT Semen Indonesia Group mampu menyatukan platform IT yang sebelumnya berbeda-beda di PT Semen Gresik, PT Semen Padang dan PT Semen Tonasa menjadi satu platform IT yang terintegrasi, sehingga operasional perusahaan menjadi lebih efisien dan cepat. Atas pencapaian tersebut, Perseroan memperoleh penghargaan sebagai perusahaan TOP ITS 2014 pada ajang TOP IT dan TELCO AWARD 2014.

Pengalaman sukses yang cukup panjang dalam menyediakan dan mengelola layanan ICT ini membuat tim ICT mampu mengantarkan Semen Indonesia Group sukses menyelesaikan agenda-agenda transformasi perusahaan.

Manajemen Perseroan melihat kapabilitas tim ICT ini sebagai aset SDM yang sangat bermanfaat, tidak hanya bagi Semen Indonesia Group, namun juga bagi korporasi-korporasi lain, khususnya BUMN. Untuk memberi ruang pengembangan sekaligus tantangan yang lebih besar bagi tim ICT, maka Perseroan membentuk anak usaha di bidang ICT dengan nama PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI), sebagai Direktur Utama adalah Tody Siburian dan Direktur Subiyanto.

“Keberhasilan Tim ICT Semen Indonesia Group mengimplementasikan SAP di Thang Long Cement Vietnam hanya dalam waktu enam bulan ditengah kendala bahasa dan budaya menunjukkan kemampuan yang tinggi dan adaptasi lingkungan yang baik. Keberhasilan implementasi SAP tersebut menjadikan Thang Long Cement Vietnam sebagai perusahaan pertama yang berhasil melakukannya, dan saat ini menjadi benchmark dari berbagai perusahaan di Vietnam, “ kata Toddy Siburian Direktur Utama  PT SISI .

PT SISI sebagai penyedia jasa outsourcing ICT, memposisikan sebagai one stop solution provider, dimana seluruh kebutuhan layanan ICT meliputi operational support, business solution delivery, hingga tata kelola ICT, dapat disediakan oleh PT SISI sebagai paket-paket layanan yang sesuai dengan kebutuhan customer.

“Target omset yang ditetapkan dalam waktu 3-5 tahun adalah sebesar Rp 300 milyar. Untuk mencapai target tersebut PT SISI akan fokus pada Semen Indonesia Group sebagai customer base, serta mengembangkan pasar utama untuk perusahaan kelas menengah-atas dan BUMN. Upaya yang dilakukan adalah membangun partnership, baik partner vertikal maupun partner horizontal untuk menghasilkan layanan yang fokus kepada kebutuhan customer, efisien, dan cepat” ujar Toddy.

Disamping partnership, PT SISI  juga akan membangun kekuatan utama untuk menopang pertumbuhan bisnis melalui SDM kompeten, SOP dan knowledge management.
Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk mengatakan bahwa pembentukan PT SISI merupakan upaya perusahaan untuk memaksimalkan daya saing yang dimiliki seiring dengan pertumbuhan bisnis perusahaan yang saat ini sudah menjadi perusahaan dengan kapasitas terbesar di ASEAN.

Pertumbuhan tersebut membutuhkan dukungan IT yang handal agar mampu mendukung proses bisnis diberbagai aspek, mulai produksi, supply chain, pemasaran, keuangan dan aspek lainnya.

“Perusahaan menyadari bahwa IT tidak lagi menjadi fungsi support saja, tetapi sudah menjadi fungsi utama untuk menjalankan bisnis perusahaan. Daya saing perusahaan salah satunya ditentukan oleh kemampuan perusahaan mengimplementasikan IT dalam proses bisnisnya”, kata Dwi.

Dengan telah diresmikan, selanjutnya PT SISI maka akan mulai melengkapi berbagai perangkat infrastruktur dan sumber daya manusia. “Perusahaan ini akan merekrut sumber daya terbaik dibidang IT”, kata Toddy.

PT Sinergi Informatika Semen Indonesia didirikan pada 9 Juni 2014, dengan komposisi saham 85% sebagai penyertaan langsung PT Semen Indonesia dan 15% sebegai penyertaan tidak langsung melalui anak usaha PT Semen Gresik, PT Semen Padang, dan PT Semen Tonasa masing-masing 5%. (Tik)

Editor: sutikhon

About Editor02

Check Also

Polres Gresik Pasang Garis Polisi Di Pesanggrahan Kramat Ki Ageng

# Polres Gresik Kamis sore (16/6/2022) telah memasang garis Polisi dilokasi ritual manusia menikah dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.