banner 728x90

KarPeg Pamda Gresik Diganti pake Chips

Pemkab Gresik luncurkan Kartu PNS Eleketronik (KPE) pada seluruh PNS se kabupaten Gresik. Peluncuran ini dilaksanakan bertahap pada seluruh satuan kerja perangkat Daerah (SKPD) sekabupaten Gresik.

Pada tahap awal, Pemkab akan membagikan 9.000 KPE dari total PNS sebanyak 11.000 orang se Kabupaten Gresik. Kekurangan KPE karena ada beberapa PNS yang belum diambil foto dan sidik jari serta beberapa PNS yang lain pada saat pengambilan foto, mereka masih berstatus Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Menurut kabag humas Pemkab Gresik, Andy Hendro Wijaya, Pembagian 9000 KPE ini memang tidak bisa serentak seminggu, tapi dalam beberapa hari ini, Insyaallah KPE ini sudah sampai ketangan para PNS.

Menurut Andy KPE merupakan bagian dari pembenahan menejemen, penataan ulang PNS serta tuntutan di era globalisasi. Saat ini terjadi perubahan nomor induk pegawai (NIP) dari hanya 9 angka menjadi 18 angka. Atas perubahan tersebut terjadi konversi ke NIP yang baru.

Diluncurkannya KPE ini sebagai pengganti dari beberapa kartu yang dimiliki PNS yaitu kartu pegawai (Karpeg) yang sudah lama ada sejak yg bersangkutan diangkat jadi PNS, Kartu kuning askes, kartu pensiun (taspen), kartu layanan taperum (Bapertarum PNS), dan kartu lainya yang berkenaan dengan layanan PNS.

Kartu ini dirancang khusus yang format dan bentuknya sangat berbeda dengan beberapa kartu terdahulu. Didalamnya ada semacam chips yang nantinya bisa bermanfaat sebagai kartu anjungan tunai mandiri (ATM), kartu belanja dan banyak manfaat lagi.”pokoknya KPE ini mirip dan dapat disamakan dengan dompet elektronik” ujar Mantan Camat Manyar ini.(tik)