Menu

Mode Gelap
Nelayan Campurejo Meradang BBM Untuk Nelayan Selalu Kosong Gresik Futsal Championship 2022 Akhirnya Digelar Eko Budi Leksono Rektor UMG Meninggal Agar BUMD Gresik Tidak Merugi, Ini Solusinya Pemuda Bedanten Tagih Janji Ring 1 KEK

TRADISI · 27 Agu 2017 23:16 WIB ·

Gebyar Seribu Terbang Tutup Perayaan HUT RI Ke 72


 Gebyar Seribu Terbang Tutup Perayaan HUT RI Ke 72 Perbesar


Kabargresik.com – Berbagai macam cara dilakukan masyarakat dalam mempringati kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, salah satunya melaksanakan gema sholawat dengan festival hadrah. 

Sebanyak 200 orang mengikuti festival bertajuk “Gebyar Seribu Terbang” yang diinisiasi Yayasan PP Al-Miftah Mojopuro wetan, Kecamatan Bungah Gresik. Minggu Malam (27/08).

Ketika menampilkan aksinya pun para peserta tersebut tampil dengan cantik memainkan beragam musik. Mulai dari musik al-banjari, klasik higga kolaborasi non elektrik (perkusi). Meski musik hadrah, acara ini tetap tampil meriah. 

Untuk memeriahkan acara tersebut, peserta yang berasal dari berbagai desa di Kecamatan Bungah dan sekitarnya itu menampilkan hadrah (terbang) dengan baik, mulai dari suara, kekompakan serta koreografi yang bagus. 

Pengasuh PP Al-Miftah Mojopuro wetan Bungah, Gresik, KH. Zainuri menyatakan kegiatan ini merupakan rangkaian gebyar peringatan HUT RI ke 72. Selain itu, pemilihan festival hadrah ini merupakan wujud kepeduliannya terhadap seni musik islami yang mulai ditinggalkan para pemuda. 

“Kegiatan ini dalam rangkaian peringatan HUT RI ke 72. Selain itu, kegiatan ini untuk menumbuhkan kembali kesenian islam yang mulai ditinggalkan kaula muda” katanya kepada Kabargresik.com 

“kalau ada kesenian hadrah ini kan selain menghibur juga mengenalkan kepada pemuda agar selali mencintai musik islami” sambungnya pria dengan panggilan akrab Gus Zen itu. 

Salah satu penonton, Fununul Warga Pereng kulon, Bungah mengatakan bahwa kegiatan ini harus terus dilakukan. “acara seperti ini harus sepatutnya dilakukan dan terus dilakukan” ujarnya. 

Dia menyampaikan penyelenggaraan parade tersebut bisa menjadi sarana edukasi kepada anak-anak khususnya, terkait pengenalan hadrah sebagai salah satu warisan kebudayaan Islam di Indonesia. (Akmal/k1)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ini Kisah Ketua MUI Balongpanggang Terjebak Di Ritual Pernikahan Manusia Dan Kambing

7 Juni 2022 - 14:21 WIB

Muhammadiyah Dan NU Gresik Sepakat Minta Kemenag Turun Tangan Terkait Viral Video Ritual Pernikahan Manusia Dengan Kambing

6 Juni 2022 - 22:42 WIB

Souvenir Maulid Masjid Jami Sa’adatuddarain Bawean Jadi Ajang Swafoto

19 Oktober 2021 - 10:52 WIB

Lama Vakum, Atraksi Reog Lowayu Kembali Dihadirkan

24 September 2017 - 00:28 WIB

Barongsai Hibur Warga Ujungpangkah

27 Agustus 2017 - 21:45 WIB

Garuda Emas Kostum Karnaval SD Al Islam Cerme

27 Agustus 2017 - 00:54 WIB

Trending di TRADISI