Situs Naga Giri Rusak

#

image

Kabargresik_ Sejumlah aktivis pecinta sejarah dan cagar budaya di Gresik menyayangkan lemahnya perhatian Pemerintah Kabupaten Gresik terhadap situs sejarah berupa Naga Giri yang terletak di depan Gapura Makam Sunan Giri.
Reaksi keprihatinan terhadap situs bernilai sejarah ini dilakukan dengan cara meng-upload foto Naga Giri yang diberi tulisan SAVE NAGA GIRI di sebuah jejaring sosial untuk mendapatkan perhatian masyarakat Gresik secara umum. Dalam sekejap saja, foto tersebut langsung mendapat perhatian dari warga Gresik.

“Tetenger yang jadi ikon Gresik justru tak terperhatikan, jangankan dipelihara dan dilestarikan, lapor bolak-balik dak onok gunane…SANG NAGA YANG MERANA.” Tulis Kris Adji Aw, Ketua Masyarakat Pecinta Sejarah dan Budaya Gresik (Mataseger) pada foto tersebut.

Bahkan dari studi bentuk yang dilakukan oleh pecinta sejarah, kondisi patung ini terus menerus mengalami kerusakan hingga 60 persen karena tidak dijaga dengan baik. Bahkan kini Caping pada patung situs bersejarah Naga Giri yang berada di sisi barat Gapura ini mengalami kerusakan sebesar 25 cm.

“Sekarang Kondisinya sudah sangat memprihatinkan dan hampir tumbang karena tak terawat dan dibiarkan seadanya saja” tulis Rachmad Basuki, warga Gresik.  (chidir)

Editor: sutikhon

About Editor02

Check Also

Polres Gresik Pasang Garis Polisi Di Pesanggrahan Kramat Ki Ageng

# Polres Gresik Kamis sore (16/6/2022) telah memasang garis Polisi dilokasi ritual manusia menikah dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.