Gus Ipul Hadiri Parade Ancak

#

Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf dan Rombongan Bupati Gresik hadiri Parade Ancak di dusun Betiring, Desa Banjarsari, Cerme Gresik, Minggu (15/11)
Sebuah keistimewaan bagi warga dusun Betiring, Banjarsari Cerme. Pasalnya baru kali ini Parade ancak yang mengiringi sedekah bumi dihadiri oleh seorang wakil Gubernur. Sedekah Bumi setiap setahun sekali ini merupakan ritual masyarakat yang diselenggarakan setiap tanggal 27 Dulkangidah. Peringatan kali ini bertepatan dengan hari Minggu 15 Nopember 2009.

Bagi masyarakat Dusun Betiring, Desa Banjarsari, hari itu merupakan hari yang istimewa. Hal ini terlihat tak satupun warga dusun yang turun ke sawah ataupun beraktifitas diluar rumah. Mereka lebih memilih meliburkan diri karena mereka bergotong-royong untuk melaksanakan sedekah bumi.

Keistimewaan ritual kali ini tak hanya dihadiri oleh Bupati Gresik, Dr. KH. Robbach Ma`sum, MM. Wakil Gubernur Jawa Timur yang biasa di panggil Gus Ipul juga turut larut dalam rombongan Bupati. Tentu hal ini merupakan kado istimewa pada perayaan ini yang tepat jatuh di Hari Minggu. Tampak juga para anggota Muspida Gresik dan beberapa pejabat, serta tokoh masyarakat. Keramaian sedekah bumi juga karena juga dihadiri masyarakat luar Dusun Betiring.

Dalam Sambutannnya, Wakil Gubernur Syaifullah Yusuf mengatakan,” tujuan sedekah bumi sebetulnya oleh orang tua kita dimaksudkan untuk melatih kita agar kita biasa bersyukur dan gemar bersedekah. Untuk itu kebiasaan ini patut kita lestarikan. Pada kesempatan ini Gus Ipul juga memberikan sumbangan sebesar Rp. 10 juta untuk pembangunan masjid setempat.

Sementara Bupati Gresik, Dr. KH. Robbach Ma’sum, Drs, MM mengatakan bahwa kegiatan ini bisa menjadi agenda pariwisata. Maka dari itu, kegiatan seperti ini patut ditiru oleh desa-desa yang lain karena ada nilai ajaran sedekah. Saya berpesan kepada pengganti saya nanti agar tetap melestarikan tradisi ini.(sdm)

About Editor02

Check Also

Polres Gresik Pasang Garis Polisi Di Pesanggrahan Kramat Ki Ageng

# Polres Gresik Kamis sore (16/6/2022) telah memasang garis Polisi dilokasi ritual manusia menikah dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.