Pengrajin Golok Kebanjiran Order Jelang Idul Qurban

#

image

Kabargresik_ Hari Raya Idul Adha 1434H/2013M  yang telah ditentukan oleh Kementerian Agama jatuh pada 15 Oktober 2013, rupanya memberi berkah tersendiri bagi para penempa besi alias pande besi.

Muslimin (48), salah seorang yang berprofesi sebagai Pande Besi ini nampak bersemangat saat menggarap berbagai macam pemesanan peralatan untuk kebutuhan pengolahan Hewan Qurban. Peralatan-peralatan yang dipesan itu beragam, seperti Golok, Parang, Gobang, Kapak, dan Pisau.

Pria asli Kebomas Gresik ini tak sendirian. Ia dibantu oleh tiga orang pekerja. Ia mengakui jika Hari Raya Qurban memberi dampak kepada naiknya penghasilan. Ia merasakan peningkatannya cukup signifikan dari hari-hari biasanya,

“Sudah sejak 3 hari lalu penghasilan meningkat hingga 50%, mungkin lebih dekat lagi prosentasenya bisa naik” kata pria yang akrab disapa Cak Imin ini.

Sementara itu, proses pembuatan aneka alat untuk untuk keperluan hewan Qurban ini melalui berbagai macam tahap meliputi pemotongan besi-baja, penempaan, pembentukan, dan berakhir dengan penghalusan yang juga merupakan proses penajaman.

Dalam sehari, Cak Imin sanggup menyelesaikan minimal empat buah jenis alat. Sedangkan untuk harga masing-masing jenis sesuai dengan kebutuhan bahan dan arang untuk pembakaran. Masing-masing patokan harga produksi Cak Imin untuk jenis golok dipatok Rp. 150.000, pecok Rp. 110.000, parang Rp. 125.000, pisau potong Rp. 45.000, pisau kecil Rp. 50.000, dan untuk jenis gobang seharga 150.000.

Namun demikian, Cak Imin mengaku bahwa pemesanan lebih banyak pada tahun lalu “Kalau tahun lalu sampai kewalahan, sampai harus dilembur. Biar pengerjaannya cepat” pungkasnya. (Chidir).

About Editor02

Check Also

Polres Gresik Pasang Garis Polisi Di Pesanggrahan Kramat Ki Ageng

# Polres Gresik Kamis sore (16/6/2022) telah memasang garis Polisi dilokasi ritual manusia menikah dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.