Petani Gresik Disentuh IT

Untuk meningkatkan penyediaan informasi yang berbasis Informatika Teknologi (IT) di pedesaan, Pemerintah Kabupaten Gresik membuka Telecenter “Joko Samudro “ di desa Karang Semanding Balongpanggang. Rabo (12/9)
 
Peresmian Telecenter tersebut dilaksanakan oleh Bupati Gresik, Dr. Sambari Halim Radianto dengan penandatanganan prasasti saat acara Sambungrasa dengan warga Kecamatan Balongpanggang Rabu kemarin.
 
Dalam keterangannya disela peresmian kemarin Kepala Bagian Pengolahan Data dan Teknologi Informasi, Bambang Hadi melalui Kabag Humas menyatakan. Pembangunan telecenter ini merupakan program kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Gresik dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. “dana program ini mencapai Rp. 300 juta. Dana ini berasal dari bantuan Pemprov Jatim sebesar Rp. 200 juta. Sedangkan dana pendampingan dari Pemkab Gresik sebesar Rp. 100 juta”. Katanya.
 
Telecenter Joko Samudro yang dibangun di desa paling Selatan di Wilayah Kecamatan Balongpanggang Gresik dan berbatasan dengan Wilayah Kabupaten Mojokerto dilengkapi dengan mebelair yang lumayan bagus serta 8 unit computer, printer, LCD Projektor, camera digital, AC serta software yang berlisensi, serta beberapa perangkat pendukung yang lain. ”kami juga menyiapkan tenaga untuk pelatihan tehnis dan manajerial kepada masyarakat” ungkap Bambang. 
 
Tentang dibangunnya Telecenter di di desa Karangsemanding Balongpanggang ini, Bambang mengatakan. Saat ini internet atau yang dikenal dengan dunia maya ini  merupakan suatu kebutuhan . Dengan adanya internet di pedesaan akan menambah dan membuka wawasan informsi masyarakat. Dengan terbukanya informasi, kedepan akan meningkatkan ketrampilan selanjutnya kesejahteraan masyarakat juga meningkat.
 
Di Telecenter Joko Samudro ini, kami menyediakan layanan internet sehat, promosi pemasaran produk daerah setempat, membantu pelajar dan mahasiswa untuk pengetikan, printing dan scaning. “kami juga memberikan pelatihan dan kursus komputer serta mendampingi masyarakat desa untuk masuk dunia teknologi informasi. (sdm)
 
editor: zumrotus

About Editor02

Check Also

Kasus Manusia Menikah Dengan kambing: Pelapor Belum Menerima Salinan SPDP

# Para pelapor dugaan penistaan agama dalam pernikahan manusia dengan  kambing di Desa Jogodalu, Kec. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.