Bhaksos asyiik, Sikat Gigi Massal Dan Operasi Bibir Sumbing

banner 468x60

‚ÄčKabargresik.com – Ratusan siswa mengikuti sikat gigi massal, kegiatan tersebut diinisiasi Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Pengwil Jawa timur dalam rangka bhakti sosial kesehatan gigi dan mulut terpadu.

Kegiatan tersebut berlangsung di Alun-alun Sidayu Gresik. Sabtu pagi (04/10)

Tak hanya siswa, kegiatan tersebut diikuti warga masyarakat sekitar mulai dari anak-anak hingga lansia. Hadir pula Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf, ketua umum PDGI, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto serta Wakil Bupati Gresik M. Qosim.

Didepan peserta, para dokter gigi yang ditunjuk sebagai mentor lalu mensosialisasikan serta mempratikkan sikat gigi yang baik dan benar.

Tak hanya sikat gigi massal, dalam kegiatan yang sama juga dilakukan bakti sosial operasi bibir sumbing yang dilaksanakan di Rumah Sakit Fathma Medika Manyar Gresik.

Direktur rumah sakit Fatma Medika, Alif Maslichan disela-sela kegiatan operasi bibir sumbing mengatakan, kegiatan operasi bibir sumbing merupakan agenda kegiatan sosial bagi warga tidak mampu.

“Kami tiap tahun punya program sosial dan bentuknya bermacam macam, ada operasi bibir sumbing, sunatan massal dan kegiatan kesehatan lainnya disamping santunan anak yatim,” ujar Alif.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf mengatakan kegiatan yang diinisiasi PDGI Jawa Timur ini turut membantu pemerintah provinsi dalam mensosialisasikan gerakan sehat terutama merawat kesehatan gigi.

“Masih ada 30 persen warga Jatim yang bermasalah dengan giginya, 28 persen sudah dulakukan penanganan medis,” Katanya, Sabtu (04/11/2017)

Orang nomor dua di Pemprov Jatim itu menambahkan, saat ini Jawa timur memiliki 4500 dokter gigi, hal ini sudah sesuai memenuhi rasio yang ditentukan yakni 1 dokter gigi melayani 1000 warga. Namun yang menjadi masalah, penyebaranya masih belum merata.

“Ada sekitar 4500 dokter gigi di Jatim, namun penyebaranya belum merata. Rasio normal 1 dokter gigi melayani 10.000 penduduk hal ini sudah memenuhi, meskipun penyebaranya belum merata masih kmpul di kota besar,” jelas Gus Ipul.

Sementara itu, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengaku bangga atas terselenggaranya kegiatan yang diinisiasi PDGI Jawa Timur. Dirinya berharap semoga acara ini bisa bermanfaat bagi warga sekitar terutama pemahaman tentang kesehatan gigi.

“Kami tentunya menyambut baik bakti sosial ini, Gresik menjadi tempat bakti sosial. Semoga dapat mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pemahaman untuk merawat kesehatan gigi,” Harap Sambari (Akmal/tik)

Tags: