Darurat Saat Mudik Peserta BPJS Bisa Tanpa Rujukan


​Kabargresik.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Gresik permudah prosedur pelayanan kesehatan bagi pemudik. 

Peserta BPJS yang sedang mudik kini dapat berobat diluar wilayah tanpa harus melapor ke kantor BPJS kesehatan setempat. Tak hanya itu, BPJS juga telah menciptakan aplikasi yang dapat di dwonload secara langsung di Google Play Store.

Aplikasi tersebut berisi telpon penting, lokasi penting, fasilitas kesehatan, mitra BPJS, info dan tips serta tanya jawab kesehatan. Pelayanan BPJS peserta mudik itu hanya berlaku pada 19 Juni hingga 2 Juli 2017.

Prosedurnya juga mudah. Peserta BPJS hanya langsung mengunjungi IGD rumah sakit terdekat dengan menunjukkan identitas kartu Kepesertaan aktif.

Kepala BPJS Cabang Gresik, Galih Anjungsari mengatakan, awalnya IGD hanya untuk kusus pasien gawat darurat dan harus mendapat rujukan dari puskesmas. Dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD terdekat, yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Selama mudik pelayanan mudah. Tidak perlu rujukan, tidak perlu ada jenjang, semua peserta BPJS bisa langsung masuk ke IGD rumah sakit terdekat dan langsung dilayani,” katanya kepada awak media, Kamis (15/06/2017).

Galih menegaskan bahwa selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku. Maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta. (Akmal/tik)